Calon haji Bantul 2014 bertambah empat orang

id calon haji bantul

Calon haji Bantul 2014 bertambah empat orang

Ilustrasi Jamaah calon haji (Foto Antara/Maulana Surya)

Bantul (Antara Jogja) - Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan bahwa calon jamaah haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah tahun ini bertambah empat orang dari kuota sebelumnya yang sebanyak 635 orang menjadi 639 orang.

"Untuk Bantul justru ada tambahan susulan, karena pada saat pelunasan ada yang tidak bisa melunasi, maka calon jamaah Haji yang harusnya berangkat tahun 2015 dimajukan jadi sekarang," kata Pranata Humas Kementerian Agama (Kemenag) Bantul, Ponijo Ibnu Harto disela acara pamitan haji di Pendopo Parasamya Bantul, Kamis.

Menurut dia, kuota haji untuk DIY tahun ini sebanyak 3.080 orang, namun untuk Bantul jumlah yang berangkat tergantung jumlah yang mendaftar dan melunasi, namun pada saat tahapan pelunasan ada empat kuota DIY yang tidak terpenuhi sehingga diisi calon jamaah haji di urutan bawahnya.

Dengan demikian, kata dia calon jamaah haji Bantul yang akan diberangkatkan pada 2014 ini sebanyak 639 orang bersama delapan petugas pendamping, dan pada kesempatan hari ini mereka dilepas Bupati Bantul, Sri Surya Widati sebelum pemberangkatan awal pada 9 September mendatang.

Ia mengatakan, pemberangkatan jamaah HAJI Bantul terbagi dalam empat kelompok terbang (kloter), yakni kloter 24 SOC sebanyak 213 orang pada 9 September pukul 14.00 WIB, kloter 25 SOC terdiri 147 jamaah berangkat di hari yang sama pada 17.00 WIB, kemudian kloter 28 SOC terdiri 87 jamaah pada Kamis 11 September pukul 07.00 WIB.

"Serta Kloter 29 SOC sejumlah 192 jamaah pada 11 September pukul 09.00 WIB, namun khusus Kloter 29 SOC mengingat selisih waktu dua jam, akan singgah terlebih dahulu di asrama haji Yogyakarta, sebelum diberangkatkan ke Donohudan," katanya.

Adapun calon jamaah haji Bantul termuda, kata dia bernama Husna Yuwida berusia 21 tahun asal Cangkring Desa Timbulharjo Sewon, sedangkan calon jamaah haji tertua adalah Tukirah Darmo Sumarto berusia 93 tahun asal Mangunan Kecamatan Dlingo Bantul.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bantul Abdul Madjid MA mengingatkan kepada jamaah meluruskan kembali niat dalam menunaikan haji dengan mengharap ridha Allah semata, sehingga akan mendapat kemudahan dan kelancaran hingga kembali kepada keluarga dengan selamat, serta membawa predikat haji mabrur.

"Kita patut bersyukur jamaah haji Bantul pada tahun ini saat di Makkah akan menempati hotel yang jaraknya sekitar dua kilometer dari Masjidil Haram, kloter 24 SOC akan menempati hotel di Misfalah, Kloter 25 SOC di Jarwal, Kloter 28 SOC di Mahbasjin, sedang Kloter 29 SOC di Reizahir," katanya.
(KR-HR)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024