PDIP jaring bakal calon bupati 1 Oktober

id pdip

PDIP jaring bakal calon bupati 1 Oktober

PDIP (dok istimewa)

Bantul (Antara Jogja) - Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati pada 1 Oktober untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah 2015.

"Secara resmi kami memberitahukan dan menginformasikan kepada masyarakat Bantul mengenai persiapan Pilkada 2015, yakni tahapan penjaringan bakal calon dimulai 1 Oktober sampai 15 Oktober," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Bantul Aryunadi saat jumpa pers di Bantul, Selasa.

Menurut dia, tahapan penjaringan bakal calon tersebut sesuai keputusan rapat koordinasi pimpinan partai tingkat cabang, dengan demikian pihaknya harus melakukan sosialiasi SK penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakilnya untuk periode 2015-2020.

"Tahapan penjaringan bakal calon untuk mencari minimal empat nama, namun apabila dalam dua minggu bakal calon belum ada empat nama, kami masih membuka dua minggu lagi yakni mulai 16 sampai 30 Oktober atau penjaringan tahap kedua," katanya.

Ia mengatakan, setelah tahapan penjaringan empat nama atau lebih yang muncul akan diverifikasi mulai 1 sampai 15 November dengan mengacu pada persyaratan yang telah ditentukan internal partai serta berpedoman pada peraturan yang berlaku.

"Selanjutnya setelah terverifikasi, bakal calon yang lolos verifikasi kami laporkan kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan DIY untuk dilakukan penyaringan, tahapan ini dilakukan sejak 16 sampai 30 November," katanya.

Ia mengatakan, sesuai dengan SK hasil rakor pimpinan partai tingkat cabang itu, setelah dilakukan penjaringan dan penyaringan bakal calon di DPC dan DPD, maka tahapan selanjutnya penyaringan tahap kedua di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) sejak 1 sampai 31 Desember.

"Harapan kami seluruh tahapan penyaringan bakal calon sesuai jadwal, sehingga pada awal Januari 2014 partai sudah mendapatkan pasangan calon. Jadi keputusan pasangan calon juga tergantung pada keputusan DPP," kata Aryunadi.

Menurut dia, jika seluruh tahapan persiapan Pilkada berjalan lancar sesuai jadwal, maka pada sekitar Januari dengan menyesuaiakn jadwal di DPP akan digelar rapat khusus membahas persiapan Pilkada Bantul yang rencananya digelar pada Mei mendatang.

"Prinsip PDI Perjuangan siap dengan Pilkada langsung maupun tidak langsung, bahkan kami tetap optimistis dapat memenangkan Pilkada tidak langsung, seperti pengalaman Pilkada 1999 (melalui DPRD), pasangan kami menang," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024