Perawat satwa dan dokter hewan GLZoo divaksin

id gembira loka

Perawat satwa dan dokter hewan GLZoo divaksin

Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta (Foto ANTARA/Sidik) ()

Yogyakarta (Antara Jogja) - Para perawat satwa dan dokter hewan yang bekerja di objek wisata Gembira Loka Zoo Yogyakarta mendapat vaksin untuk antisipasi terkena zoonosis atau infeksi penyakit hewan ke manusia.

"Untuk mengantisipasi penyakit zoonosis atau infeksi penyakit hewan ke manusia, maka perawat satwa dan petugas medis Gembira Loka Zoo (GLZoo) Yogyakarta divaksin agar bertambah kekebalan tubuh mereka," kata Kabag Kepegawaian GLZoo, Sri Widayati, di Mayang Tirta kompleks GLZoo Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia kegiatan seperti ini sudah yang ketiga kalinya, supaya karyawan yang bersentuhan dengan hewan tidak terkena virus atau bakteri dari satwa atau sebaiknya.

"Program vaksinasi bagi petugas satwa ini dilaksanakan atas kerja sama GLZoo dengan Laboratorium Klinik Ultra Medica Yogyakarta," kata Sri Widyati.

Menurut Widayati, ada sebanyak 50 perawat satwa keeper dan dokter hewan yang ada di GLZoo secara rutin harus divaksin agar mereka terhindar dari infeksi penyakit hewan atau sebaliknya.

"Mereka ini sangat rentan terkena soonozis karena setiap hari mereka bersentuhan dengan satwa yang dirawatnya," kata Sri Widayati.

Ia mengatakan, GLZoo sampai kini memiliki koleksi 1.400 ekor satwa berbagai jenis dan di masa mendatang akan terus ditambah jumlahnya.

(H008)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024