Perayaan pergantian tahun dipusatkan di panggung Sekaten

id perayaan pergantian tahun

Perayaan pergantian tahun dipusatkan di panggung Sekaten

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta akan memusatkan perayaan malam pergantian tahun baru di panggung kesenian Pasar Malam Perayaan Sekaten yang berada di Alun-alun Utara Kota Yogyakarta.

"Seluruh kegiatan perayaan pergantian tahun akan dipusatkan di Sekaten. Selain pertunjukan seni, juga akan ada pesta kembang api tepat tengah malam," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Eko Suryo Maharso di Yogyakarta, Selasa.

Dinas, lanjut dia, akan mengundang Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti untuk bisa hadir pada puncak perayaan malam pergantian tahun baru di panggung Sekaten.

"Kami akan koordinasi dengan pemerintah. Harapannya, wali kota bisa hadir untuk ikut memeriahkan malam pergantian tahun," katanya.

Meskipun memusatkan kegiatan perayaan tahun baru di arena Sekaten, namun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta tidak melarang apabila ada pihak lain yang juga menggelar acara perayaan malam pergantian tahun. "Masyarakat tentu akan memilih lokasi untuk perayaan pergantian tahun. Mereka pasti sudah memiliki tempat yang akan dituju untuk merayakan tahun baru," katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Syarif Teguh mengatakan, tidak ada kegiatan khusus yang digelar saat malam pergantian tahun. "Mungkin ada kegiatan di hotel atau lokasi lain di sepanjang Malioboro. Tetapi, kami tidak menyelenggarakan kegiatan apapun. Kegiatan akan difokuskan di Sekaten," katanya.

Meskipun demikian, lanjut Syarif, UPT Malioboro tetap akan melakukan berbagai persiapan untuk malam pergantian tahun karena dipastikan kawasan tersebut akan dipadati oleh masyarakat. "Secara internal, kami sudah siapkan petugas keamanan dan kebersihan serta memperbaiki fasilitas umum seperti kursi dan tempat sampah," katanya.

Selain itu, lanjut dia, di sepanjang Jalan Malioboro sudah dilengkapi dengan "closed circuit television" (CCTV) dan jaringan radio komunitas untuk membantu pengamanan. "Dalam waktu dekat, kami akan berkoordinasi dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan serta pihak terkait lainnya. Dimungkinkan Malioboro akan ditutup saat malam tahun baru seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Syarif.

Ia menyebut, tidak dapat menyampaikan data jumlah wisatawan yang memadati Malioboro saat malam tahun baru. "Saat ini saja, sudah ada kenaikan jumlah wisatawan ke Malioboro. Dimungkinkan, jumlahnya terus bertambah hingga akhir tahun," katanya.

(E013)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024