Rio Haryanto tempati posisi kedua klasemen sementara

id rio haryanto tempati

Rio Haryanto tempati posisi kedua klasemen sementara

Rio Haryanto (Foto Antara)

Semarang (Antara Jogja) - Pebalap nasional Rio Haryanto menempati posisi kedua klasemen sementara lomba balap mobil GP2 Series 2015 setelah mendapat tambahan nilai 16 saat tampil pada seri keenam di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Hongaria.

Cep Goldia, Media Relations Rio Haryanto, dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, Minggu petang, menyebutkan, saat tampil pada race pertama atau "feature race", Sabtu (25/7) Rio yang tergabung di tim Campos Racing menempati posisi keempat dengan catatan waktu 1:00.19.717 (37 putaran) sehingga mendapat tambahan 12 poin
   
Kemudian saat tampil pada race kedua atau "sprint race" Minggu waktu setempat, pebalap asal Solo, Jateng, tersebut menempati posisi kelima dengan catatan waktu 44:01.050 (28 putaran) sehingga mendapat tambahan enam poin. Total nilai yang dikumpulkan Rio Haryanto hingga seri keenam ini sudah mencapai 109 poin atau terpaut 85 poin dengan pimpinan klasemen sementara Stoffel Vandoorne dari tim ART Grand Prix.

Posisi ketiga klasemen sementara ditempati pebalap asal Amerika Serikat dari tim Racing Enginnering Alexander Rossi yang mengumpulkan nilai 105, sedangkan rekan satu tim Rio Haryanto, pebalap asal Prancis Arthur Pic menempati posisi ke-14 dengan total nilai 21.

Kemudian secara tim Rio Haryanto dan Arthur Pic di Campos Racing menempati peringkat keempat dengan total nilai 130 di bawah ART Grand Prix dengan nilai 242 disusul tim DAMS dengan total nilai 146, dan ketiga adalah Racing Engineering dengan total nilai 131.

Pada seri keenam di Hongaria di sesi "sprint race", Minggu waktu setempat, pada awal lomba Rio berhasil menjaga posisi lima setelah menampilkan manuver pertahanan yang baik. Rio yang memulai balapan menggunakan ban medium terus menguntit pebalap Italia, Raffaelle Marciello.

Pada lap ketiga, Rio masih berada di rombongan untuk perebutan posisi ketiga. Namun, karena karakteristik sirkuit yang sempit membuat percobaan manuver overtaking sangat sulit dilakukan. Terlebih lagi, dengan tidak adanya peraturan pitstop wajib, usia ban menjadi faktor krusial di balapan yang berlangsung selama 28 putaran ini. Putra pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati itu berkendara secara konservatif untuk menjaga grip pada bannya.

Bendera "chequered flag"-pun dikibarkan, Rio menyelesaikan balapan sprint race di urutan kelima. Balapan sprint race dimenangi oleh pebalap Jepang dari tim ART Grand Prix, Nobuharu Matsushita. Rio dengan koleksi 109 poinnya pada musim ini berhasil menyalip Alexander Rossi di peringkat dua klasemen sementara.

Pebalap Amerika Serikat itu gagal mendulang poin pada seri keenam ini. Hasil produktif yang diraih Rio minggu ini, menunjukkan performa konsistensinya di musim ini. Rio Haryanto optimistis dapat tampil lebih baik di seri berikutnya di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, Agustus mendatang.

Rio Haryanto mengatakan pada awal balapan dirinya memulai star pada posisi kelima. "Saya sempat maju ke urutan keempat tetapi terpaksa diambil kembali oleh Sirotkin di tikungan pertama. Sepanjang jalannya balapan, saya berusaha menjaga posisi lima. Saya juga sempat mempunyai kesempatan untuk mendahului Marciello, tetapi grip yang ada di ban saya tidak cukup untuk melakukannya," katanya.

"Saya akhirnya finis di urutan kelima hari ini, hasil yang positif karena posisi saya di klasemen naik ke peringkat dua. Setelah ini, akan ada jeda selama satu bulan sebelum balapan berikutnya di Spa-Francorchamps, Belgia," katanya.

(H015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024