Ngudi Lestari ambisi jadi pemasok nila terbesar

id Ngudi Lestari pemasok ikan nila

Ngudi Lestari ambisi jadi pemasok nila terbesar

Ikan nila (Foto peluangusaha-oke.com)

Sleman  (ANTARA Jogja) - Kelompok Petani Ikan Mino Ngudi Lestari, Dusun Nayan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan menjadi pemasok terbesar ikan nila di provinsi ini.

Ketua Kelompok Petani Ikan (KPI) Mino Ngudi Lestari Heri Santoso, Kamis, mengatakan, produksi ikan nila bisa mencapai dua ton per periode panen atau selama 3,5 bulan.

"Selama ini budi daya ikan nila memang menjadi andalan kami sehingga diharapkan dapat menjadikan Dusun Nayan sebagai kawasan penghasil nila terbesar di DIY," katanya.

Ia mengatakan KPI Mino Ngudi Lestari memiliki anggota sebanyak 28 orang dengan luas kolam 4.550 meter persegi

"Jenis usaha yang kami kembangkan mulai dari pembibitan, pembesaran dan pemasaran," katanya.

Heri mengatakan KPI Mino Ngudi Lestari memiliki misi menciptakan masyarakat berjiwa wirausaha yang tangguh dan mandiri.

"Kami juga berupaya mendorong dan memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya usaha anggota sejalan dengan pertumbuhan perekonomian masyarakat dan menjaga kerukunan antaranggota dan masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Sleman Riyadi Martoyo mengatakan KPI Mino Ngudi Lestari perkembangannya sangat pesat dengan pembinaan dari petugas penyuluh lapangani dan  Dinas Pertanian dalam bidang perikanan.

"Pada 2009 kelompok ini mendapat prestasi Peringkat I Tingkat Lanjut, sedangkan terakhir ini mendapat penghargaan nasional UPT Sembada," katanya.

Ia mengatakan, untuk mendorong membangun, mengembangkan usaha perikanan, pemerintah hanya mendorong dan memfasilitasi tumbuhnya kelembagaan, membantu meningkatkan kapasitas keterampilan, dan pengetahuan.

"Pembangunan perikanan ini dari, oleh dan untuk masyarakat perikanan, sehingga tugas kami hanya mendorong bagaimana aturan main disepakati, dan ada sarana untuk tumbuhnya perkembangan perikanan," katanya.

(U.V001)