Pantai Indrayanti Gunung Kidul dipadati pengunjung

id pantai indrayanti pengunjung

Pantai Indrayanti Gunung Kidul dipadati pengunjung

Pantai Indrayanti Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dipadati pengunjung dari berbagai daerah. (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (ANTARA Jogja) - Objek wisata pantai Pulang Syawal atau Indrayanti, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,Kamis sejak 10.15 WIB dipadati pengunjung dari berbagai kota di Jawa.

Petugas tempat pemungutan retribusi (TPR) utama Pantai Indrayanti, Supardi di Gunung Kidul, mengatakan, hingga 16.30 WIB jumlah pengunjung di objek wisata pantai itu mencapai 5.000 orang dengan pendapatan retribusi mencapai Rp25 juta.

"Sampai sore ini, pengunjung masih memadati Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti. Pantai ini ibarat bunga yang sedang berkembang," kata Supardi.

Menurut Supardi, fasilitas Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti seperti warung makan dan kafe dengan pemandangan indah dan tertata rapi. Pengunjung merasa nyaman dengan keindahan yang ditawarkan oleh pengelola dan pelaku wisata Pantai Pulang syawal.

"Jumlah pengunjung Pantai Baron sangat sedikit, begitu juga pengunjung di Pantai Kukup, Krakal dan lainnya. Selain Pantai Indrayanti, fasilitas objek wisata dirasa masih kurang memadai dan tidak tertata dengan baik, sehingga pengunjung sangat sedikit," kata dia.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Kabupaten Gunung Kidul, Wijang Eka Aswarna, pihaknya akan membenahi infrastruktur objek wisata seperti pelebaran jalan menuju objek wisata, menambah area parkir dan memperbaiki sarana parkir.

Untuk mendongkrak jumlah kunjungan di objek wisata pantai, kata dia, Disbudpar Gunung Kidul akan melakukan penataan kawasan Pantai Krakal untuk memecah perhatian pengunjung yang terpusat di Pantai Pulang Syawal atau Kafe Indrayanti dan Pantai Baron.

"Rencana pelaksanaan teknis sudah selesai dikerjakan. Saat ini tinggal melaksakannya. Kami menyadari, sarana infrastruktur sangat mempengaruhi jumlah pengunjung dan kepuasan pengunjung. Kami akan semaksimal mungkin melayani pengunjung yang berlibur di objek wisata dan desa wisata di Gunung Kidul," kata dia.

(U.KR-STR)

Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar