115 ribu wisatawan berwisata ke Gunung Kidul

id pantai indrayanti

Objek wisata pantai di Gunung Kidul (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Jumlah wisatawan yang berkunjung ke berbagai objek wisata beretribusi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dari Rabu (13/6) hingga Minggu (17/6) mencapa1 115 ribu wisatawan.

"Kalau hari ini, belum ada laporan yang masuk. Namun, kami prediksi, jumlah wisatawan mencapai 60 ribu orang," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Senin.

Ia masih optimistis target kunjungan wisata sebanyak 300.000 orang atau menyumpang pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp2,6 miliar selama libur Lebaran 2018 akan tercapai.

Libur Lebaran pada tahun ini memang lebih panjang dari pada tahun yang lalu tetapi hari libur banyaknya sebelum hari raya.

"Jadi walaupun hari libur sejak Senin lalu "booming" pengunjung tetap di H+1. Pengunjung objek wisata Gunung Kidul masih didominasi dari Jawa Tengah seperti Solo, Karanganyar, Kebumen, Brebes. Sebagian besar mengunjungi kawasan pantai," katanya.

Koordinator SAR Litmas Korwil II Marjono mengatakan saat ini gelombang pantai masih normal, namun demikian pihaknya mengingatkan para wisatawan untuk tetap mematuhi rambu dan imbauan petugas SAR.

"Kawasan pantai selatan, gelombangnya tidak bisa diprediksi. Untuk itu kami berharap wisatawan untuk menaati imbauan," katanya.

Ia mengatakan untuk ubur-ubur yang dikhawatirkan muncul, ternyata tidak ada karena ada perubahan cuaca dan arah angin ubur-ubur sekarang menghilang.

"Padahal prediksi saya ubur-ubur akan banyak setelah lebaran karena sempat keluar pada akhir bulan puasa," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar