Atlet Jabar turun gunung

id pon jabar xix

Atlet Jabar turun gunung

PON XIX/2016 Jabar (antarajateng.com)

Bandung (Antara Jogja) - Sebanyak 298 atlet Pelatda PON XIX/2016 Jawa Barat turun gunung setelah hampir sepekan ditempa dalam program pembentukan karakter yang digelar di Dodik Bela Negara Kodam III/ Siliwangi di Lembang Kabupaten Bandung Barat.

"Jumat ini seluruh atlet peserta pembentukan karakter turun gunung, selama sepekan mereka ditempa mental, fisik dan juga beberapa aspek lain yang berkaitan dengan bela negara," kata Koordinator Pembentukan Karakter Atlet Pelatda PON Jabar, Fathurrahman di Bandung, Jumat.

Selama hampir sepekan, para atlet dari 17 cabang olahraga  ditempa di Dodik Bela Negara di Lembang, untuk memiliki mental dan semangat tinggi.

Tak hanya bagi atlet yang baru masuk Pelatda Jabar, namun juga atlet yang telah ikut pembentukan karakter pada PON sebelumnya juga diwajibkan ikut dalam kegiatan yang berlangsung di alam terbuka itu.

Adapun materi yang akan di dapat atlet di medan character building nanti adalah dinamika kemenangan, jungle tracking, ekspedisi malam, management training, hipnoteraphy, high spirit dan materi pokok lainnya.

 "Para atlet diharapkan bisa menyerap nilai positif dari nilai-nilai kemiliteran yang diberikan, sehingga mereka siap menghadapi lawan di PON mendatang," kata Fathurahman.

Sementara itu petinju andalan Jabar, Dadan Amanda menyebutkan, ia sudah beberapa kali ikut program pembentukan karakter, dan hal itu sangat positif bagi atlet.

"Saya mendapat pengalaman baru di sini, ibaratnya kita dicharge lagi bukan hanya fisik namun juga jiwa, semangat serta kedisiplinan diri. Ini sangat positif," kata Dadan.

Hal senada diungkapkan oleh pelatih Gulat Jabar, Bambang Erawan yang menyatakan program pembentukan karakter ini perlu bagi atlet.

"Mereka dilatih oleh instruktur dari Dodik, atlet mendapatkan materi lain dari yang selama ini diberikan oleh pelatih untuk memacu semangat, solidaritas dan loyalitas. Secara fisik tak masalah karena atlet gulat khususnya terbiasa latihan berat, termasuk naik tambang sudah makanan mereka sehari-hari," kata Bambang.

Sementara itu Ketua I KONI Jabar, Djumara Frassad menyatakan waktu dua tahun bukan waktu sebentar bagi Jawa Barat untuk membangun kekuatan kontingen yang siap untuk mengusung target Jabar Kahiji atau Juara Umum PON 2016 yang akan digelar di provinsi itu.

Oleh karena itu, kata dia KONI Jabar menggelar karakter building sejak jauh-jauh hari, dan memastikan para atlet Pelatda siap tempur dan memiliki tekad kuat untuk menjadi yang terbaik.

Ia menyebutkan, jumlah atlet Jabar di Pelatda PON XIX/2016 saat ini lebih dari 600 orang, atau lebih dari satu batalyon

"Ini baru sebagian batalyon atlet Jabar yang dikirim ke Dodik Bela Negara, nanti akan menyusul atlet dari cabor lainnya. Semua atlet, pembina dan pelatih akan mengikuti kegiatan ini," kata Djumara menambahkan.(S033)

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024