Bantul kembangkan potensi kelautan Laguna Samas

id samas

Bantul kembangkan potensi kelautan Laguna Samas

Pantai di Kabupaten Bantul (Foto Antara/Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan potensi sumber daya kelautan yang terdapat di kawasan Laguna Samas guna meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir setempat.

"Bantul dengan pantai sepanjang kurang lebih 13 kilometer memiliki berbagai macam potensi yang bisa dikembangkan, salah satunya Laguna Samas," kata Kepala DKP Bantul Edy Mahmud saat peresmian Pondok Wisata dan Tambat Perahu di Pantai Samas, Jumat.

Menurut dia, upaya pengembangan potensi kelautan Laguna Samas telah dimulai dengan pembangunan Pondok Wisata dan Tambat Perahu di kawasan pantai yang terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, setahun yang lalu.

"Upaya pengembangan potensi sumber daya kelautan dan perikanan khususnya Laguna Samas sangat penting, hendaknya dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan demi perkembangan dan manfaatnya," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, pengembangan potensi Laguna Samas dengan membangun pondok wisata dan tambat perahu ini diharapkan dapat menjadi langkah awal pengembangan potensi kawasan pesisir selatan Bantul itu.

Edy mengatakan, pembangunan pondok wisata dan tambat perahu sendiri dilakukan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2013 sebesar Rp800 juta, sementara dari APBD Bantul membangun sarana prasarana energi baru terbarukan berupa pembangkit listrik tenaga hibrid.

"Pembangunan komponen ini sebagai wujud sarana dan prasarana pendukung operasional pondok wisata dengan tambat perahu dalam menyediakan sumber energi listrik," katanya.

Selain membangun sarana dan prasarana, kata dia, guna mendukung pengembangan kawasan Laguna Samas, pihaknya juga memberikan bantuan perahu motor tempel (PMT) kepada empat kelompok usaha bersama (KUB) yang ada di pesisir setempat.

"Ke depan pengembangan potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang ada di pesisir Bantul akan dilakukan secara menyeluruh, dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian daerah maupun masyarakat," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024