DIY ditunjuk sebagai "role model" pelayanan kepegawaian

id sistem terpadu kepegawaian

DIY ditunjuk sebagai "role model" pelayanan kepegawaian

Ilustrasi (Foto Istimewa)

Yogyakarta, 10/8 (Antara) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menunjuk Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai "role model" atau panutan bagi provinsi lain dalam pelayanan kepegawaian secara terintegrasi melalui e-government.

"Berbicara soal e-government, saya tinggal mencontoh saja apa yang ada di DIY dan akan saya tularkan untuk daerah lain," kata Menteri Asman Abnur saat memberikan sambutan dalam Forum Koordinasi Pendayagunaan Aparatur Negara, di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Abnur, penerapan e-government di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) cukup berhasil terbukti dengan konsistensi penerapan sistem terpadu tersebut, mulai dari proses rekrutmen hingga pengangkatan pangkat pegawai negeri sipil (PNS).

Selain DIY sebagai pilihan pertama, menurut dia, terdapat dua provinsi lain yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur yang juga dipilih sebagai "role model" pelayanan kepegawaian secara terintegrasi.

Abnur berharap seluruh provinsi dapat menyempurnakan pelayanan kepegawaian secara tarintegrasi melalui e-government pada Badan Kepegawaian Daerah (PKD).

Seperti untuk pengurusan surat keputusan (SK) kenaikan jabatan, ia berharap seluruh data pegawai telah terintegrasi, sehingga tidak ada lagi proses penyerahan berkas secara manual yang memberatkan PNS.

"Ke depan kami minta tidak ada lagi pegawai yang mengurus sendiri dengan membawa berkas sendiri. Ini tidak boleh lagi terjadi. Minimal sampai akhir tahun ini sudah terkoneksi semua," kata dia.***2***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024