Pemkab Bantul berupaya geliatkan Pasar Klithikan Niten

id Pasar Klithikan Niten

Pasar Klithikan Kota Yogyakarta (foto yogyakarta.panduanwisata.com (yogyakarta.panduanwisata.com)

Bantul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Isimewa Yogyakarta, berupaya menggeliatkan aktivitas jual beli di arena Pasar Klithikan yang ada di kompleks pasar tradisional Niten karena selama ini sepi pembeli.

"Pasar Klithikan di Niten itu memang perlu kami tata lagi supaya bisa lebih menggeliat. Sekarang ini `kan sepi aktivitas, baik pembeli maupun pedagang," kata Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Bantul Slamet Santosa di Bantul, Selasa.

Menurut dia, Pasar Klithikan atau pasar yang menjual khusus barang bekas, baik elektronik dan komponen kendaraan di sisi barat Pasar Niten itu setelah diresmikan pada tahun 2014 sempat menjadi daya tarik masyarakat yang ingin mencari maupun menjual barang bekas.

Meski demikian, setelah setahun berjalan Pasar Klithikan yang berada di pinggir Jalan Bantul itu, sepi pembeli sehingga sebagian besar pedagang yang menempati los pasar itu memilih menutup usahanya karena tidak laku.

"Dari sekitar 50 anggota, sekarang yang aktif hanya lima anggota. Di awal berjalan memang ramai. Namun, selanjutnya sepi pembeli. Bagi yang tidak tahan dengan kondisi tersebut, mereka memilih tutup," katanya.

Slamet mengatakan bahwa upaya pemerintah daerah untuk menggeliatkan Pasar Klithikan Niten dengan membuka akses keluar masuk di sebelah barat pasar dari yang sebelumnya pintu masuk dan keluar dipusatkan di sebalah timur.

"Belum lama ini, sudah kami buka akses yang di sebelah barat pasar (menghadap Jalan Bantul), harapannya bisa ramai karena yang datang dari selatan mudah untuk aksesnya. Mulai minggu-minggu ini Pasar Klithikan sudah buka 5 hari," katanya.

Selain Pasar Klithikan Niten, kata dia, taman bermain dan wisata kuliner yang dibangun di sebelah barat Jalan Bantul depan Pasar Niten itu akan ditata lagi, mengingat kawasan sebagai pusatnya kuliner di Kabupaten Bantul tersebut selama ini sepi aktivitas.

"Konsepnya akan kami satukan dengan Pasar Klithikan Niten, sekarang ini sudah kami buka akses Pasar Niten yang sebelah barat sehingga bisa ramai. Tidak hanya pada sore har, tetapi juga malam," katanya.


(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar