Pemkab luncurkan layanan internet gratis Alun-alun Wates

id internet gratis

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melengkapi sarana internet gratis bagi pengunjung seputaran Alun-Alun Wates.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulon Progo Agus Santosa di Kulon Progo, Jumat, mengatakan sebelumnya, layanan ruang publik berupa internet gratis hanya terbatas di sisi timur Alun-Alun dan sekarang sudah menjangkau hampir seluruhnya.

"Diskominfo bekerja sama dengan mitra kerja PT Global Prima Utama UII Net melalui dana CSR memasang sarana hot spot di empat titik Alun-Alun Wates," kata Agus.

Ia mengatakan layanan ini secara resmi akan diluncurkan pada Sabtu (5/8) malam oleh Bupati Kulon Progo. Acara yang digelar di sisi selatan ringin kembar atau utara air mancur itu, akan dimeriahkan ketoprak mataram Sinar Menoreh melalui Gelar Pertunjukan Rakyat (Pertunra).

"Diskominfo mempunyai program 100 hari Bupati Wakil Bupati lima program dan sebagai program unggulan adalah internet gratis Alun-Alun Wates yang akan `di-launching` oleh Bapak Bupati pada Sabtu (5/8) malam atau malam Minggu, dengan hiburan pertunjukan rakyat Kethoprak Sinar Menoreh," kata Agus.

Sekretaris Diskominfo Heri Dharmawan mengatakan program 100 hari bupati yang ada di Diskominfo meliputi lima program, yakni layanan internet gratis di kawasan Alun-Alun Wates, SIM Obat, Smart Report layanan pengadaan melalui LPSE, layanan gangguan internet SKPD dan kebijakan persuratan melalui sistem IT.

Menurut dia, program-program Diskominfo muaranya pada pelayanan, hanya sebagian besar untuk internal instansi, seperti SIM Obat itu untuk Dinas Kesehatan dan seluruh puskesmas, sedangkan yang menyangkut masyarakat luas adalah layanan internet gratis.

"Acara peluncuran internet gratis di Alun-Alun Wates akan diisi hiburan kesenian tradisional, agar masyarakat mengetahui perkembangan layanan pemkab di ruang publik Alun-Alun Wates," kata Heri.

Sementara pimpinan group kesenian Kethoprak Sinar Menoreh, Sujendro, mengaku siap untuk memberikan hiburan bagi masyarakat di acara tersebut dengan mengambil lakon "Joko Bodho Joko Wasis".

"Seniman akan tampil menghibur masyarakat yang tentu akan diselingi dengan informasi-informasi pembangunan yang sedang maupun akan berlangsung di Kulon Progo," katanya.

(U.KR-STR)