Damandiri bantu membangun "home stay" di Prambanan

id candi prambanan

Wisatawan berkeliling saat mengunjungi Candi Prambanan Yogyakarta. (FOTO ANTARA/ Wahyu Putro A)

Sleman, (Antara Jogja) - Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) membantu masyarakat Desa Tamanmartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun "home stay" atau penginapan di wilayah yang dekat dengan objek wisata Candi Prambanan tersebut.

"Bantuan ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat setempat. Penginapan ini berjarak 500 meter sisi Barat Candi Prambanan," kata Ketua Dewan Pembina Damandiri Muhammad Bob Hasan saat meresmikan penginapan itu di Sleman, Minggu.

Menurut dia, ada sebanyak 12 penginapan yang dikembangkan di rumah penduduk dengan masing-masing dua kamar siap menerima wisatawan.

"Bantuan ini juga bertujuan agar masyarakat terlepas dari kemiskinan dengan pemanfaatkan sumber daya yang mereka miliki. Keberadaan penginapan mendukung program pengembangan desa wisata Prambanan," katanya.

Ia mengatakan, penginapan ini dikelola koperasi warga, nantinya 10 persen dari total pendapatan diserahkan kembali ke warga untuk pengembangan usaha.

"Progam ini secara umum bertujuan membentuk pengusaha di tingkat desa, agar mereka tidak lagi berkubang dalam kemiskinan," katanya.

Bob Hasan mengatakan, selain penginapan, Damandiri juga membangun satu warung untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang berkunjung di Dusun Karangnongko dan Klurak, Tamanmartani, Kalasan.

"Prambanan merupakan salah satu kawasan wisata yang menarik minat kunjungan wisatawan. Kehadiran penginapan ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi sini," katanya.

Kepala Desa Tamanmartani, Kalasan Gandang Harjanata mengucapkan terima kasih karena telah diberikan bantuan dari Damandiri untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami mendapatkan bantuan gratis tanpa syarat dan rencana penetapan tarif akan disesuaikan dengan segmen pasar wisatawan yang kami bidik. Rencana tarif di kisaran Rp100.000 sampai Rp200.000. Untuk siswa biasanya Rp50.000 per kamar per malam," katanya.***1***

(V001)


Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar