Wisata Laguna Depok akan dikembangkan

id Laguna depok,bantul

Wisata Laguna Depok akan dikembangkan

Laguna Depok Masyarakat sedang mencoba perahu kayak di laguna kawasan pantai Laguna Depok, Bantul, DIY. Foto ANTARA/Liliana Jauri/ags/17.

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. akan mengembangkan kawasan wisata Laguna Pantai Depok agar semakin menjadi daya tarik wisatawan untuk dikunjungi.

"Kami akan terus menambah fasilitas pendukung pariwisata di Laguna Depok, karena Laguna Depok itu sangat berpotensi menjadi destinasi wisata internasional," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Senin.

Menurut dia, penambahan fasilitas pendukung wisata di Laguna Depok sudah dimulai dengan penambahan perahu wisata pada akhir Desember 2017, yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk menyusuri laguna atau muara.

"Dan Insya Alah tahun depan akan dibangun jembatan di atas Laguna, tentu itu akan jadi destinasi baru lagi daya tariknya luar biasa, kemudian juga dibangun restoran dan tempat permainan dan sebagainya," katanya.

Kwintarto juga mengatakan, dalam pengembangan pariwisata Laguna Depok atau kawasan wisata di sebelah barat Pantai Depok Parangtritis ini, pihaknya sudah berkomunikasi dengan insan pariwisata di Bali yang sudah berkembang sektor pariwisatanya.

"Di Bali itu kan banyak `jet ski` yang persaingannya sangat banyak, sehingga kemarin kita tawari kalau mau kita sediakan di Laguna Depok, harapannya jadi wisata internasional yang akan dinikmati wisatawan asing," katanya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Laguna Depok Tanto Hadi Purnomo objek wisata Laguna Depok baru berkembang sejak beberapa bulan terakhir, itu karena sebelumnya laguna sering dimanfaatkan untuk lokasi festival perahu naga.

Namun demikian, kata Tanto, meski baru beberapa bulan berkembang, animo wisatawan yang berkunjung ke kawasan Laguna Depok terus menunjukkan peningkatan, sehingga peluang itu ditangkap Pokdarwis untuk memajukan pariwisatanya.

"Jumlah pengunjung Laguna Depok sudah lumayan banyak, per hari kami menerima pengunjung sekitar 30 sampai 50 orang per Sabtu-Minggunya, itu dalam jangka waktu Juni sampai bulan kemarin (November), dan terus meningkat," katanya.

Ia mengatakan, saat ini di Laguna Depok terdapat tiga perahu wisata untuk wisatawan menyusuri laguna dan muara sampai ke kawasan wisata Pengklik Samas, paket wisata yang ditawarkan dengan harga Rp10 ribu per orang.
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024