Menko Polhukam mendorong penguatan kerja sama internasional mencegah terorisme

id wiranto

Wiranto (Foto antaranews.com)

London (Antaranews Jogja) - Menko Polhukam Wiranto mendorong penguatan kerja sama dunia internasional dalam upaya pencegahan dan pemberantasan terorisme, saat menghadiri Pertemuan Internasional ke-9 Para di Bidang Keamanan di Sochi, Rusia, 24-26 April 2018.

Pertemuan tahunan yang mengangkat isu-isu terkait keamanan internasional dihadiri perwakilan lebih dari 100 negara, kata Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana kepada Antara London, Jumat.

Untuk merespon hal tersebut, lanjut Wiranto, perlu penguatan kerja sama pencegahan dan pemberantasan terorisme di tingkat bilateral, regional maupun internasional.

Kerja sama juga harus difokuskan pada penegakan hukum, saling berbagi informasi data intelijen, pelaksanaan kontrol perbatasan yang efektif, penerapan teknologi siber, dan pemberdayaan sistem layanan keuangan, serta penguatan pusat deradikalisasi yang telah terbangun di kawasan.

Selain Menko Polhukam RI, hadir dalam konferensi tersebut adalah sejumlah Wakil Perdana Menteri, para Menteri serta pejabat tinggi setingkat Menteri yang menangani masalah keamanan, maupun para pejabat badan-badan PBB dan organisasi internasional, serta para pengamat internasional.

Di sela-sela konferensi, Wiranto yang didampingi Dubes RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M Wahid Supriyadi, melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolay P Patrushev.

Kedua pihak sepakat untuk memfokuskan penguatan kerja sama kedua negara, khususnya di bidang keamanan.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar