Indonesia mengirim 15 pebulu tangkis ke Kejuaraan Dunia 2018

id bulu tangkis

Indonesia mengirim 15 pebulu tangkis ke Kejuaraan Dunia 2018

Ilustrasi (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Indonesia akan mengirimkan 15 pebulu tangkis untuk bertarung di lima nomor Kejuaraan Dunia 2018 yang dihelat di Nanjing, Tiongkok, pada 30 Juli-5 Agustus, usai diumumkan ada penambahan tiga wakil lagi yang dikirim.

Berdasarkan pernyataan resmi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) yang diterima di Jakarta, Senin, tiga wakil tambahan tersebut ada pada tiga nomor, yakni tunggal putra, ganda putra, dan ganda putri.

Dari nomor tunggal putra, Tommy Sugiarto akan turun menambah kekuatan dua wakil yang sebelumnya sudah dipastikan lolos yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Pasangan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso akhirnya meraih tiket kejuaraan dunia dan menjadi wakil keempat di ganda putra Indonesia menemani tiga wakil lainnya, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Berry Angriawan/Hardianto.

Di ganda putri, pasangan junior, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Agatha Imanuela dipastikan akan berlaga di Nanjing Youth Olympic Sports Park Arena
    
Pasangan tersebut mengaku tidak menyangka bisa bertanding di kejuaraan dunia level senior, terlebih yang berlabel Kejuaraan Dunia, pasalnya di tahun ini mereka masih main di Kejuaraan Dunia level junior juga.

"Pelatih kami (Rudy Gunawan), baru menginformasikan semalam kalau kami akan main di kejuaraan dunia. Kata pelatih, ini kesempatan bagus buat kami, jangan takut, lawan siapa saja harus berani," kata Fadia.

Pemain kelahiran Bogor, 16 November tahun 2000 ini menilai ini merupakan kesempatan berharga untuk mereka, walau bisa dipastikan persaingan yang terjadi tidak akan mudah.

"Tapi kami akan berusaha mengimbangi, syukur-syukur bisa menang dari lawan. Buat kami yang masih junior, pelajaran berharga banget bisa melawan pemain-pemain kelas dunia," ujar Fadia yang merupakan peraih perak ganda campuran di Kejuaraan Dunia Junior 2017 bersama Rehan Naufal Kusharjanto.

Sementara itu, pasangan juara bertahan, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, memutuskan untuk absen demi fokus ke Asia Games 2018 yang hanya berselang dua pekan dari Kejuaraan Dunia 2018.

Indonesia masih memiliki satu wakil lagi yang berpeluang untuk lolos ke Kejuaraan Dunia 2018, yaitu pasangan ganda campuran Ronald Alexander/Annisa Saufika. Namun hal ini baru bisa dipastikan setelah 14 Juni mendatang.

Adapun daftar lengkap 15 wakil yang akan turun di Kejuaraan Dunia 2018 adalah:

Tungal Putra
Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto

Tunggal Putri
Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Berry Angriawan/Hardianto, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso

Ganda Putri
Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Agatha Imanuela

Ganda Campuran
Praveen Jordan/Melati Daeva Octavianti, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024