BCA gelar pelatihan komunikasi-kepemimpinan bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari

id bca

BCA gelar pelatihan komunikasi-kepemimpinan bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari

Pimpinan Kantor Cabang Utama BCA Yogyakarta Saswito pada pelatihan "Skill Komunikasi dan Kepemimpinan" bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar pelatihan "Skill Komunikasi dan Kepemimpinan" bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari yang diikuti sebanyak 30 orang dengan mengangkat topik Membangun Semangat Kebersamaan.

"Pelatihan itu merupakan komitmen BCA yang diimplementasikan melalui program Solusi Bisnis Unggul. BCA berkomitmen untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia," kata  Pimpinan Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Yogyakarta Saswito.

Menurut dia, pelatihan itu diinisiasi dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan komunikasi yang efektif bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari, sehingga mampu memimpin tim dengan solid sekaligus membekali para pemimpin agar dapat melayani masyarakat dan kelompok wisata dengan kultur kemasyarakatan.

Pelatihan "Skill Komunikasi dan Kepemimpinan" bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari itu diselenggarakan dalam rangka regenerasi kepengurusan di desa wisata tersebut sekaligus sebagai bentuk partisipasi BCA dalam fungsi tanggung jawab sosialnya untuk turut serta mengembangkan bisnis di lingkungan komunitas maupun desa wisata yang dapat berkontribusi memakmurkan masyarakat daerah.

"Pelatihan kepemimpinan itu diadakan atas dasar pentingnya mengembangkan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan pengembangan industri pariwisata yaitu kualitas sumber daya manusia (SDM)," kata Saswito.

Ia mengatakan, BCA menyadari bahwa sumber daya manusia adalah pendorong utama pertumbuhan ekonomi yang dalam hal ini merupakan aset utama untuk menumbuhkembangkan desa wisata.

Oleh karena itu,  BCA menginisiasi program pelatihan sebagai salah satu wadah untuk semakin memperkaya pengetahuan maupun kompetensi setiap individu di Desa Wisata Pentingsari agar mampu dapat berkomunikasi secara asertif dalam pemenuhan kepentingan bersama.

Pelatihan "Skill Komunikasi dan Kepemimpinan" bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari yang berlangsung selama dua hari, 28-29 Juli 2018 itu dibuka oleh Saswito dan Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Ira Bachtar.

Sebelumnya, BCA telah aktif mengadakan beberapa kegiatan pelatihan untuk membekali para pengurus desa seperti Pelatihan Kepemimpinan Bagi Pengurus Desa Wisata Binaan BCA di Sentul, Bogor, Pelatihan Layanan Prima kepada para pengurus Desa Wisata Wirawisata Goa Pindul, Pentingsari, Wukirsari, Tamansari.

Selain itu, Desa Wisata Tinggan-Bali, Belitung, Dusun Kopi Sirap-Gunung Kelir, di Silokek dan Kampung Adat Minangkabau. Selain pelatihan layanan prima, BCA juga mengadakan Pelatihan Marketing Online, Pelatihan Leadership, Pelatihan Team Building, Benchmarking, dan Pembinaan Standarisasi Layanan di Pentingsari, Tamansari, Wirawisata, sekaligus Pelatihan Creative Selling Skill bagi seluruh desa wisata binaan BCA.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024