Pendaftaran "Sleman Innovative Crafts Award" 2018 diperpanjang

id Salak

Pendaftaran "Sleman Innovative Crafts Award" 2018 diperpanjang

salak pondoh (foto Sleman.oxl.co.id) (foto salak)

Sleman (Antaranews Jogja) - Pendaftaran Sleman Innovative Crafts Award (SICA) 2018 diperpanjang sampai 1 September 2018 untuk memberi kesempatan bagi tingginya minat calon peserta lomba.

Ketua Panitia acara, Sleman Innovative Crafts Award (SICA) Rian Hermawan, Sabtu mengatakan, periode pendaftaran dan pengumpulan karya batas pendaftaran yang semula berakhir 14 Juli 2018 diperpanjang sampai dengan 1 September 2018.

"Perpanjangan waktu pendaftaran ini dikarenakan besarnya antusiasme calon peserta serta adanya permintaan perpanjangan waktu terkait proses produksi," katanya.

SICA merupakan kegiatan bersama antara Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman.

Ia mengatakan, lomba tingkat nasional ini bertujuan untuk mewujudkan sebuah kerajinan sebagai icon Kabupaten Sleman.

"Kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis. Pemenang SICA 2018 berkesempatan memperebutkan total hadiah sebesar Rp50 juta serta trophy Bupati Sleman dan Ketua Deskranasda Sleman," katanya.

Rian mengatakan, ada dua kategori yang diperlombakan yaitu craftsouvenir dan kemasan salak.

"Craftsouvenir yang diajukan dalam lomba diwajibkan memiliki dimensi (panjang x lebar x tinggi) tidak lebih dari 20 x 15 x 30 cm dengan berat maksimal 1.000 gr, dan disertai dengan keterangan pelengkap seperti deskripsi produk, foto atau gambar sketch, dan mencantumkan biaya produksi," katanya.

Sedangkan kemasan salak yang diajukan diwajibkan memiliki dimensi (panjang x lebar x tinggi) tidak lebih dari 50 x 30 x 50 cm dengan berat maksimal 1.500 gr, dan disertai dengan keterangan pelengkap seperti deskripsi produk, foto atau gambar sketch, dan mencantumkan biaya produksi.

"Setiap karya dalam kedua kategori diatas haruslah memiliki nama atau sebutan khusus dan mengandung motif batik Sleman (motif sinom parijotho salak) yang dituangkan dalam bentuk gambar dengan teknik batik, lukisan, ukiran, guratan, dan bukan foto yang ditempelkan," katanya.

Ia mengatakan, setiap karya yang dikirimkan, hendaknya tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, dan merupakan karya asli peserta dan belum pernah diikutisertakan atau dipublikasikan untuk keperluan komersial.

"Setiap peserta bisa mengirimkan maksimal dua buah karya untuk masing-masing kategori," katanya.

Formulir pendaftaran dapat diperoleh di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Jalan Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman atau diunduh melalui https://perindag.slemankab.go.id.

"Penilaian karya dan pengumuman karya terbaik/juara dijadwalkan pada minggu kedua September 2018," katanya.


(V001) 04-08-2018 15:23:04


 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024