BUMN HADIR - SMN Yogyakarta akan menampilkan tarian "Pasupati Sang Arjuna" di Kalteng

id Smn 2018

23 siswa berprestasi peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 asal Daerah Istimewa Yogyakarta berlatih tarian "Pasupati Sang Arjuna". (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 23 siswa berprestasi peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 asal Daerah Istimewa Yogyakarta akan menampilkan tarian "Pasupati Sang Arjuna" saat mereka mengikuti pertukaran pelajar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
         
Agar mereka tampil maksimal membawakan tarian tersebut, seorang koreografer dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Muharam Bunga Mayang didatangkan untuk melatih 23 peserta SMN di Yogyakarta, Kamis.
         
"Tarian ini dipilih karena merepresentasikan budaya Jawa yang bisa diperkenalkan di Kalimantan Tengah oleh peserta SMN Yogyakarta," kata Humas Bandara Internasional Adisutjipto Liza Annindya Rahmadiani.
           
Selain dipersiapkan untuk ditampilkan di Kalimantan Tengah, menurut dia, tarian "Pasupati Sang Arjuna" juga akan dibawakan para peserta SMN Yogyakarta saat acara penyambutan kedatangan para peserta SMN dari Kalimantan Tengah sekaligus pembukaan SMN 2018 di Yogyakarta pada 11 Agustus 2018.
         
Koreografer Muharam Bunga Mayang mengatakan tarian  "Pasupati Sang Arjuna" menggambarkan kedigdayaan tokoh pewayangan Arjuna. Dalam tarian itu, Arjuna yang memegang senjata pasupati didampingi oleh wanita yang melambangkan bahwa kesaktian Arjuna tidak terlepas dari sosok wanita.
       
 "Nah karena ini dalam konteks pendidikan, maka kita gambarkan sebagai kebersamaan dan persatuan," kata dia.
           
Muharam berharap dengan memperlajari dan membawakan tarian itu akan mampu menyatukan kemistri para siswa SMN 2018 untuk bersama-sama mengenali kebudayaan Nusantara. "Saat acara pembukaan nanti, peserta SMN dari Kalimantan Tengah juga akan bergabung membawakan tarian itu," kata dia.
         
SMN 2018 merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
         
Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang berlangsung di Yogyakarta diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura (AP) 1 selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
         
Pada 12 Agustus 2018, 23 siswa peserta SMN 2018 asal DIY mulai menjalani program pertukaran pelajar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah untuk mengenal dan belajar tentang kekayaan seni dan budaya di daerah itu.

Baca juga: BUMN HADIR - Peserta SMN Yogyakarta dibekali ilmu jurnalistik (Video)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar