Dinkes minta masyarakat memahami fatwa mubah MR

id Vaksin MR

Dinkes minta masyarakat memahami fatwa mubah MR

Vaksin Measles Rubella (MR) (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra/aww/17)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta masyarakat untuk memahami fatwa mubah terhadap vaksin dan segera membawa anak ke puskesmas untuk dilakukan imunisasi MR.
     
Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunung Kidul Priyanta Madya Satmaka di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan keluarnya fatwa mubah ini menjadi bukti bahwa vaksin MR aman untuk digunakan, atas hal itu masyarakat diminta untuk melakukan imunisasi.
     
"Kami juga sudah rutin melakukan ini (imunisasi) jadi saya harap masyarakat bisa memahami betul pentingnya imunisasi MR," katanya.
     
Ia mengklaim Pelaksanaan imunisasi MR di Kabupaten Gunung Kidul tidak mengalami masalah. Sejumlah pihak seperti pemuka agama dan dinas terkait juga telah digandeng untuk memperlancar program.
     
"Kami mentargetkan program vaksinasi ini mampu menyasar 95 persen anak sekolah dasar," katanya.
     
Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty menambahkan imunisasi tidak hanya MR semata. Imunisasi untuk bayi juga rutin dilaksanakan pihaknya.
     
"Selain itu untuk yang umrah atau haji juga ada, sehingga saya berharap masyarakat siap bersedia untuk mensukseskan program pemerintah ini demi menjaga kesehatan seluruh rakyat Indonesia," kata dia.