Gunung Kidul bangun rumah pompa untuk menampung rumput hijau

id Rumput,Gunung kidul

Gunung Kidul bangun rumah pompa untuk menampung rumput hijau

Warga mengangkut rumput dengan sepeda motor menyebrangi jembatan bambu. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/13

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun rumah pompa berupa penampung dan perpipaan untuk mengairi lahan seluas dua hektare yang ditanami rumput hijau di Dusun Pengkol, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar.
     
"Rumah pompa ini menelan dana sekitar Rp74 juta. Tujuan pemberian bantuan rumah pompa ini supaya pakan ternak tersedia, sehingga ternak sehat. Hal ini perlu dukungan kualitas pakan yang bagus," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunung Kidul Bambang Wisnu Broto di Gunung Kidul, Kamis.
     
Ia mengatakan pembangunan rumah pompa lahan pakan ternak ini dalam rangka mendukung program upaya khusus percepatan populasi sapi dan kerbau bunting, khususnya sapi di wilayah itu.
     
"Kami terus berupaya agar masyarakat bisa menjadi bagian Upsus Siwab," kata 
     
Ia mengatakan berbagai upaya dilakukan, yakni dengan gencar gerakan tanam rumput odot. Untuk mendukung hal tersebut, membangun pompa air di sejumlah daerah khususnya yang menjadi sentra pengembangan ternak sapi dan kambing.
     
"Kami membangun pompa agar memudahkan masyarakat untuk menanam rumput sebagai upaya memudahkan masyarakat mendapatkan hijauan pakan ternak," katanya.
     
Karakteristik rumput odot berbeda dari rumput yang lain sehingga lebih mudah dicerna oleh sapi. "Batang rumputnya lebih empuk, protein lebih tinggi sehingga mempercepat perkembangan berat sapi," katanya.
     
Ketua Kelompok Lembu Seto, Sumarno mengatakan dengan adanya pompa air yang dibangun pemerintah ini kedepannya bisa mengatasi kesulitan air bersih.
     
"Semoga bisa mengaliri rumput-rumput yang kemarin kering akibat musim kemarau, karena biasanya saat musim kemarau kami kesulitan pakan," katanya.