Boneka Salman juarai "Sleman Innovative Craft Award"

id Boneka salman,sleman innovative craft award

Boneka Salman juarai "Sleman Innovative Craft Award"

Pemenang SICA 2018 dengan inovasi kerajinan berupa Boneka Salman menerima penghargaan yang disampaikan Bupati Sleman Sri Purnomo. (Foto dok Humas Sleman)

BONEKA SALMAN JUARAI "SLEMAN INNOVATIVE CRAFT AWARD"

     Oleh Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (Antaranews Jogja) - Inovasi kerajinan tangan berupa Boneka Salman karya Sahid Nugroho berhasil memenangi lomba kerajinan suvenir khas Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada ajang "Sleman Innovative Crafts Award (SICA) 2018"

"Lomba SICA 2018 terdiri atas dua kategori yaitu "craft' (souvenir) yang diikuti 85 peserta dan kategori inovasi kemasan salak yang diikuti setidaknya oleh 16 peserta," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo di Sleman, Kamis.

Lomba SICA 2018 digelar Dekranasda Kabupaten Sleman.

Menurut dia, para pemenang dalam ajang SICA 2018 tersebut disambut dalam malam penghargaan yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Rabu, 3 Oktober.

"Penyelenggaraan malam penganugerahan ini merupakan puncak dari kegiatan SICA 2018 yang telah dilaunching pada14 Mei 2018. Dalam kegiatan tersebut sejumlah penghargaan diberikan kepada para peserta yang meraih juara," katanya.

Ia mengatakan, peserta yang meraih penghargaan dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut pada kategori inovasi craft yaitu juara 1 diraih Sahid Nugroho dengan inovasi berupa Boneka Salman dan berhak mendapatkan uang senilai Rp10.000.000.

Kemudian penghargaan lainnya diberikan kepada juara 2 pada kategori yang sama diraih oleh Erma Rohyani dengan inovasi karyanya yaitu EcoS-Bam dan berhak mendapatkan hadiah uang senilai Rp7.000.000. Sementara untuk juara 3 diraih oleh Ahmad Barokah melalui inovasinya berupa Cepuk Salak dan berhak mendapatkan hadiah senilai Rp5.000.000.

Penghargaan untuk kategori inovasi kemasan salak pada kegiatan tersebut diberikan kepada sejumlah pemenang antara lain Sutrisno, Wisnu Wijaya Dewojati, Ade Kurniawan, dan Ema Jeanita.

"Keempat peserta tersebut meraih penghargaan atas inovasinya dalam kreasi kemasan salak dan berhak mendapatkan penghargaan serta uang masing-masing senilai Rp500.000," katanya.

Kustini mengatakan, selain kepada para pemenang lomba SICA 2018, sejumlah penghargaan juga diberikan kepada sejumlah peserta yang masuk dalam peringkat 10 besar bagi kategori dengan total keseluruhan hadiah yang diberikan dalam kegiatan tersebut senilai Rp50 juta.

"Para peserta yang telah mendapatkan penghargaan tersebut sebelumnya telah melaksanakan dua tahapan penilaian terhadap karya inovasinya yaitu tahap pertama pada Sabtu, (29/9/18) yang dilakukan oleh tiga juri yaitu Alva Edy Tontowi, Subagyo serta Agung Wicaksono. Sedangkan tahapan kedua pada Selasa, (2/10/18) dilakukan oleh ketiga juri yang sama serta dua juri tambahan yaitu Adhi Nugraha dan Singgih Susilo Kartono," katanya.

Ia mengatakan, pemenang lomba SICA 2018 merupakan pemenang produk souvenir dan kemasan yang potensial untuk dikembangkan yang tentunya akan sangat menunjang sektor pariwisata Kabupaten Sleman.

"Dekranasda Sleman berharap melalui kegiatan ini akan lahir souvenir sleman  dan kemasan salak sleman yang ikonik," katanya.

Penyelenggaraan sejumlah rangkaian acara tersebut, kata dia, diharapkan mampu mengoptimalkan penyampaian hasil karya peserta lomba yang sekaligus mengedukasi berbagai lapisan masyarakat terkait upaya "continuos improvement" dalam pengembangan kerajinan di Kabupaten Sleman. (T.V001/B/N. Yuliastutii)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024