200 peserta ikuti "roadshow" BCA Finhacks 2019 di Yogyakarta

id bca, finhacks

200 peserta ikuti "roadshow" BCA Finhacks 2019 di Yogyakarta

"Roadshow" BCA Finhacks 2019 #blockchainnovation di Yogyakarta (HO-BCA)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 200 peserta antusias mengikuti "roadshow" BCA Finhacks 2019 #blockchainnovation di Yogyakarta, yang digelar PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

"Yogyakarta menjadi kota keempat sekaligus kota terakhir roadshow yang diisi dengan sesi 'sharing' oleh para pakar," kata SVP Digital Innovation BCA Adi Prasetyo Susilo di Yogyakarta, Sabtu (14/9).

Sesi "sharing" itu diisi oleh Supervisory Board of ABI Pandu Sastrowardoyo, Youtube Content Creator Ario Pratomo, Community Leader Ethereum Indonesia Teguh Harmanda, dan CEO of Blocksphere Gilang Baghaskara.

Menurut Adi, "workshop" itu merupakan gelaran untuk meningkatkan pemahaman, wawasan, dan kemampuan para pesertanya.

"Roadshow" Finhacks merupakan bagian dari rangkaian penyelenggaraan BCA Finhacks 2019 bertajuk #blockchaininnovation.

Gelaran BCA Finhacks tahun ini bertujuan untuk mendorong dan mengembangkan penggunaan teknologi blockchain dalam teknologi finansial di Indonesia.

"Para developer TI, blockchain enthusiasts, startup, pelajar dan professional di Indonesia dan Asia Tenggara diundang untuk berpartisipasi dalam event kompetisi blockchain terbesar di Tanah Air," katanya.

Ia mengatakan, BCA secara konsisten menggelar kompetisi Finhacks karena menyadari bahwa industri finansial harus berjalan beriringan dengan cepatnya perkembangan teknologi.

"Kompetisi BCA Finhacks setiap tahunnya kami harapkan dapat memberikan 'impact' lebih terhadap pemenuhan fungsi digitalisasi perbankan di BCA," kata Adi.

Ia mengemukakan, pemilihan blockchain sebagai tema Finhacks 2019 ini didasarkan pada keunggulan teknologi.

Keunggulan teknologi itu tidak hanya memberikan nilai tambah dari sisi teknis seperti keamanan, transparansi, dan desentralisasi, tetapi juga memberikan nilai tambah dari sisi proses dan interaksi bisnis.

"Industri finansial dan perbankan Tanah Air dapat memanfaatkan kelebihan teknologi ini untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan solusi perbankan dan finansial kepada masyarakat secara lebih baik," katanya.

Menurut dia, tidak hanya sebagai ajang kompetisi, BCA Finhacks 2019 sejatinya menjadi kesempatan kepada para praktisi TI untuk berkumpul, bertukar pendapat dan keahlian, membangun kemitraan, memperluas jaringan hingga saling berkolaborasi satu dengan lainnya.

"Harapannya, di tengah tren digitalisasi yang sangat masif ini, para kreator andal di bidang TI dapat mempersembahkan karya terbaiknya di bidang finansial sehingga pada akhirnya dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan menggunakan basis teknologi," kata Adi.

Rangkaian kegiatan BCA Finhacks 2019 selanjutnya adalah Demo Day yang akan digelar pada 23 November. Demo Day merupakan babak final dari seluruh rangkaian acara.

Sebanyak 15 finalis akan bersaing untuk memperebutkan hadiah utama senilai Rp520 juta. Di babak ini setiap finalis akan mempresentasikan ide inovasinya dan mendemokan prototype yang sudah dibuat.

Selain itu masing-masing finalis akan diberikan "showcase booth" untuk memamerkan hasil karyanya serta akan diberikan nilai oleh dewan juri dan pengunjung yang hadir.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar