Paguyugan Wartawan Kulon Progo bersama BPDASHL tanam pohon di Pantai Glagah

id Paguyugan Wartawan Kulon Progo,Kulon Progo

Paguyugan Wartawan Kulon Progo bersama BPDASHL tanam pohon di Pantai Glagah

Paguyuban Wartawan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung, pelaku wisata dan petani pesisir Glagah melakukan penanaman 2020 batang pohon di kawasan Joglo Pantai Glagah dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2020. ANTARA/Sutarmi

Kulon Progo (ANTARA) - Paguyuban Wartawan Kulon Progo (PWK) Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung, pelaku wisata dan petani pesisir Glagah melakukan penanaman 2020 batang pohon di kawasan Joglo Pantai Glagah dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2020.

Ketua PWK, Asrul Sani di Kulon Progo, Senin mengatakan Pantai Glagah dipilih, karena selama ini menjadi salah satu destinasi pariwisata andalan di Kulon Progo dan kasawan sabuk hijau dengan dibangunnya Bandara Internasional Yogyakarta.

Untuk itulah diperlukan penanaman pohon sebagai barier untuk mencegah abrasi. Selain itu, kami berharap penanam ini dapat mempercantik dan memperindang kawasan Pantai Glagah.

"Kami ingin lebih peduli terhadap lingkungan, dan hutan di pesisir akan menjadi potensi pariwisata" kata Asrul.

Ia mengatakan 2020 batang pohon ini terdiri atas pohon nyamplung, cemara udang, pandan, ketepeng dan beberapa tanaman endemis yang ada di pesisir.

"Kami menggandengn BPDASHL, bersama petani dan pelaku wisata di Pantai Glagah melakukan penanaman 2020 bibit pohon dalam rangkaian HPN 2020," katanya.

Secara simbolis, penanaman pohon dalam rangka HPN 2020 ini, ditandai dengan penanaman pohon oleh Bupati Kulon Progo Sutedjo, Ketua DPRD Akhid Nuryati dan dari sejumlah OPD dan muspida plus lainnya.

Selain penanam pohon, kegiatan PWK menyambut Hari Pers Nasional 2020, yakni bedah rumah warga miskin, pelatihan promosi wisata hingga seminar peran media dalam pembangunan.

"Kami PWK ingin berperan serta terlibat dalam mendukung pembangunan di Kulon Progo. Kami tidak hanya bisa meliput dan membuat berita, kami juga ingin berperan dalam menyukseskan pembangunan," katanya.

Sementara itu Bupati Kulon Progo Sutedjo, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh wartawan yang bertugasi di Kulon Progo. Disamping kesibukannya melaksanakan tugas jurnalistik, mereka masih peduli akan arti penting lingkungan. Hal ini dibuktikan denan agenda penanaman pohon di pesisir Glagah yang menjadi kawasan sabuk hijau.

Ia berharap penanaman pohon ini mampu menjadikan kawasan di pesisir selatan Glagah lebih hijau. Tanaman yang ada akan menjadi sabuk hijau mendekung keberadaan bandara. Sehingga perawatan dan pengelolaan tanaman diperlukan agar bisa berkembang.

"Pemkab Kulon Progo sangat mengapresiasi apa yang dilakukan wartawan dengan menanam pohon ini," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar