Akademisi: universitas harus jawab tantangan zaman

id akademisi,universitas,rochmat wahab,edy suandi hamid

Akademisi: universitas harus jawab tantangan zaman

Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Prof Dr Edy Suandi Hamid (kanan) menyerahkan cendera mata kepada Prof Dr Rochmat Wahab (HO-Humas UWM)

Yogyakarta (ANTARA) - Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Rochmat Wahab menegaskan universitas harus menjawab tantangan zaman untuk mewujudkan Good University Governance.

"Universitas harus terus mengembangkan diri untuk bisa menjawab berbagai perubahan dunia," katanya pada seminar nasional "Mewujudkan Good University Governance" yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mataram (UWM), di Pendapa Agung UWM Yogyakarta, Kamis.

Dalam konteks itu, menurut dia, universitas harus otonom, proaktif, akuntabel, memiliki tingkat desentralisasi yang benar, dan profesional dalam pembuatan keputusan.

"Good University Governance akan terwujud jika seluruh sivitas akademika berpartisipasi secara aktif dan proaktif dalam mengimplementasikan Good University Governance," kata mantan Rektor UNY itu.

Ia mengatakan, untuk mewujudkan Good University Governance juga memerlukan beberapa strategi, di antaranya membangun komunitas kampus berbasis inovasi untuk menghadapi kompetisi global, mengembangkan semangat kewirausahaan.

"Selain itu memantapkan kepemimpinan berbasis nilai dan menegakkan kepemimpinan akademik. Good University Governance tidak bisa lepas dari aspek kepemimpinan akademik," kata Rochmat.

Rektor UWM Prof Dr Edy Suandi Hamid mengatakan Good University Governance akan mendorong pengelolaan dan pengembangan universitas secara efektif dan efisien.

"Untuk mencapai dan mewujudkan Good University Governance diperlukan konsep regulasi, komitmen pimpinan, sosialisasi ke semua jajaran, kecukupan sumberdaya manusia, dan ketaatan pada aturan yang ada," kata mantan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) itu.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar