Wapres Ma'ruf Amin jalankan Shalat Jumat di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

id wapres,shalat jumat,masjid gedhe Yogyakarta

Wapres Ma'ruf Amin jalankan Shalat Jumat di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin didampingi Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X menunaikan Shalat Jumat di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. (ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, seusai menghadiri pertemuan pemimpin partai politik (Parpol) dari seluruh dunia yang tergabung dalam Centrist Democrat International (CDI) di Yogyakarta.

Wapres Ma'ruf yang mengenakan sarung, dipadu dengan jas hitam, sorban putih di leher, dan peci hitam tiba di Masjid Gedhe Kauman pada pukul 11.50 WIB dengan pengawalan aparat keamanan.

Wapres langsung duduk di saf pertama didampingi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, serta Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi.



Dalam kesempatan itu, Direktur Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta Ustadz Aly Aulia LC bertindak sebagai imam shalat sekaligus khatib yang menerangkan tentang implementasi ajaran Islam sebagai rahmatan lil alamin.

Imam Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Budi Setiawan bersyukur dengan kehadiran Wapres. Menurutnya, kesempatan itu merupakan kali pertama KH. Ma'ruf Amin melaksanakan Shalat Jumat di masjid bersejarah milik Keraton Yogyakarta itu.

"Ini merupakan sesuatu yang kami syukuri Pak Wapres bersedia Shalat Jumat di sini dan berlangsung aman. Jamaah juga mengerti bahwa apapun ini harus ada protokoler yang harus dipatuhi," ujarnya.

Menurut dia, tidak ada persiapan khusus untuk menyambut Ma'ruf Amin kecuali berkoordinasi dengan protokoler untuk aspek pengamanan. Kabar mengenai rencana Shalat Jumat Wapres di Masjid Gedhe Kauman baru diterima Takmir Masjid beberapa hari sebelumnya.



Selepas menunaikan Shalat Jumat, Wapres Ma'ruf Amin dengan dikawal Paspampres langsung meninggalkan Masjid Gedhe Kauman. Tidak ada agenda khusus yang digelar bersama Ta'mir dan jamaah.

"Karena ini hanya Shalat Jumat saja. Tidak ada yang disampaikan (Wapres)," ucap Budi.

Selain menghadiri Forum Eurasia Centrist Democrat International (CDI) yang digawangi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, Wapres juga diagendakan meninjau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo.