Cendekiawan Muslim bahas ketakwaan dalam Ramadhan

id shalat id ,idul fitri,khatib kota bogor,pesan idul fitri,nilai ketakwaan,nilai ramadhan

Cendekiawan Muslim bahas ketakwaan dalam Ramadhan

Cendekiawan Muslim pengajar di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah, Kota Bogor, Jawa Barat, Dr Solahudin, Lc, MA.Hum saat menjadi khatib shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Lapangan Masjid Al-Khoslan, Bogor, Rabu (10/4/2024). (ANTARA/HO-DKM Masjid Al Khoslan)

Kota Bogor (ANTARA) - Cendekiawan Muslim pengajar di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Kota Bogor, Jawa Barat, Dr Solahudin menyampaikan soal ketakwaan dalam bulan Ramadhan, dibutuhkan kapanpun dan dimanapun bagi umat Muslim.

Solahudin saat menjadi khatib Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Lapangan Masjid Al-Khoslan, Kota Bogor, Rabu, menyatakan di bulan Ramadhan semua umat Islam diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh agar bertakwa.

Rujukannya adalah firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT) pada surah Al Baqarah 183,"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa".

“Maka dari itu, marilah kita membumikan dimensi muttaqin dalam tujuan takwa selama shaum (puasa) Ramadhan. Karena ketakwaan ini dibutuhkan kapanpun dan dimanapun,” ujarnya.

Ia merujuk pada ulama Tholaq bin Habib Rahimahullah dalam buku Jamiul Ulum wal Hikam (halaman 211) yang membahas soal takwa.
 

“Takwa adalah engkau melakukan ketaatan kepada Allah SWT, di atas cahaya dari Allah dengan harapan untuk mendapatkan pahala dari Allah dan engkau menjauhi maksiat atas cahaya dari Allah karena takut akan azab Allah,” jelasnya.

Solahudin pun mengajak umat Islam melanjutkan nilai-nilai ketakwaan usai Ramadhan, seperti puasa, ibadah di malam hari, menjaga perkataan dan perbuatan, hingga dalam hal memberi dan menerima.

Pada bagian akhir, ia merinci lima poin bentuk ketakwaan yang ada di bulan Ramadhan dan harus terus dipertahankan. Pertama yakni shalat lima waktu secara berjamaah selama Ramadhan hendaknya dilanjutkan setelah Ramadhan.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Cendekiawan Kota Bogor: Lanjutkan lima nilai ketakwaan selama Ramadhan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024