DPK Sleman lakukan "roadshow" minat baca ke Desa Wisata Pentingsari

id Minat baca,Perpustakaan Sleman,Kabupaten sleman,Desa wisata Pentingsari,Sleman

DPK Sleman lakukan "roadshow" minat baca ke Desa Wisata Pentingsari

Kegiatan roadshow minat baca yang diselenggarakan DPK Kabupaten Sleman di Desa Wisata Pentingsari, Kecamatan Cangkringan. ANTARA/ HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan "roadshow" minat baca di Kecamatan Cangkringan yang dipusatkan di Desa Wisata Pentingsari denga mengusung tema "Peran Pojok Baca Dalam Pengembangan Wisata", Selasa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Sri Wantini mengataka tujuan dari adanya kegiatan "roadshow" ini untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya literasi dan juga memasyarakatkan literasi kepada masyarakat.

"Kami punya kewajiban untuk memasyarakatkan literasi yang ini harus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kita," katanya.

Menurut dia, literasi sendiri merupakan kebutuhan bagi masyarakat. Literasi bukan hanya terkait baca tulis tetapi literat terhadap digital, literat terhadap budaya, dan juga literat terhadap kewarganegaraan.

"Untuk meningkatkan minat baca masyarakat salah satunya adalah dengan adanya pojok baca. Karena pojok baca merupakan salah satu upaya kita untuk bagaimana memancing masyarakat itu untuk menjadi masyarakat yang literat," katanya.

Sedangkan salah satu nara sumber dalam "road show" Ayu Laksmidewi mengatakan literasi itu penting dalam hal ini desa wisata.

"Butuh kemampuan literasi agar meningkatkan daya tarik dari desa wisata itu sendiri," katanya.

Ia mengatakan, dengan literasi desa wisata dapat mengetahui keunikan dan kelebihan apa yang dimilikinya.

"Dengan literasi akan muncul keunikan dari masing-masing desa wisata itu sendiri," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar