Pasien sembuh dari COVID-19 di DIY menjadi 37 orang

id COVID-19,Yogyakarta,sembuh,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Pasien sembuh dari COVID-19 di DIY menjadi 37 orang

Ilustrasi - Petugas beraktivitas di Laboratorium Virologi Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta. (ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Jumlah pasien sembuh dari COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Senin (27/4) bertambah satu orang sehingga totalnya menjadi 37 orang.

"Kasus terkonfirmasi positif dan dinyatakan sembuh pada hari ini ada satu kasus," kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih melalui keterangan resminya di Yogyakarta, Senin.

Dia mengatakan satu pasien yang dinyatakan sembuh adalah pasien kasus 23 laki-laki berusia 35 tahun. Warga Kabupaten Sleman itu kini telah dipersilakan pulang ke rumahnya.

Kendati telah diperbolehkan pulang, kata dia, yang bersangkutan tetap diberikan edukasi untuk melakukan isolasi serta memantau kesehatan secara mandiri.

"Melakukan pemantauan kesehatan secara mandiri dan melaporkan ke rumah sakit apabila ada keluhan sakit," kata Berty.

Meski demikian, ia juga mencatat penambahan satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di DIY. Pasien itu merupakan kasus 85 berjenis kelamin perempuan dengan usia 55 tahun ( warga Sleman).

Selain itu, satu pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kota Yogyakarta juga dilaporkan meninggal dunia. Pasien perempuan berusia 78 tahun itu tidak disebutkan memiliki riwayat komorbid atau penyakit penyerta.

"PDP yang meninggal dalam proses laboratorium. Tidak ada laporan riwayat penyakit," kata dia.

Berdasarkan data Pemda DIY, total orang dalam pemantauan (ODP) di DIY hingga Senin mencapai 4.519 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) yang sudah diperiksa terkait dengan COVID-19 (dengan tes swab) tercatat 798 orang.

Dari jumlah PDP tersebut, 604 orang di antaranya dinyatakan negatif corona, 83 orang positif di mana 37 orang di antaranya sembuh, dan tujuh meninggal, sedangkan yang masih menunggu hasil 111 orang dengan tujuh di antaranya telah meninggal.