Menkopolhukam pastikan kesiapan DIY selenggarakan Pilkada 9 Desember

id Mahfud MD,Pilkada serentak,9 desember,DIY

Menkopolhukam pastikan kesiapan DIY selenggarakan Pilkada 9 Desember

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD melakukan Monitoring dan Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada Serentak Kabupaten Bantul, Sleman, dan Gunungkidul di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (15/6). (FOTO ANTARA/HO-Humas DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memastikan kesiapan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020.

"Di Yogyakarta berdasarkan informasi atau pengarahan dari bapak Gubernur dan laporan dari daerah, laporan dari KPU, Danrem, Kapolda DIY secara praktis dan prinsip siap melaksanakan Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020," kata Mahfud seusai melakukan Monitoring dan Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada Serentak Kabupaten Bantul, Sleman, dan Gunungkidul di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin.

Menurut Mahfud, pelaksanaan Pilkada Serentak di berbagai daerah tidak akan ditunda lagi. Pilkada akan tetap digelar pada 9 Desember 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kita tidak menunda lagi karena pemerintah dan pemerintahan harus berjalan normal dari pusat sampai daerah termasuk dengan cara normal yang baru," kata dia.

Menurut dia, berbagai upaya antisipasi untuk memastikan pemerintahan terus berjalan diperlukan karena hingga kini belum diketahui kapan pandemik COVID-19 akan berakhir.

"Kalau memang tidak berakhir sampai lama ya kita tetap melaksanakan pemerintahan secara normal, bukan Plt (pelaksana tugas) sehingga pilkada serentak kami laksanakan 9 Desember," ujarnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan secara prinsip tiga kabupaten di DIY yakni Kabupaten Bantul, Sleman, dan Gunungkidul siap menggelar Pilkada pada awal Desember 2020.

"Prinsipnya, tiga daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada tahun ini sudah siap," kata dia.

Kendati secara umum pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 siap, Sultan mengimbau agar aspek yang menjadi kelengkapan pemenuhan standar kesehatan perlu lebih diperhatikan, baik dari sisi anggaran maupuan pencermatan lainnya.

"Belajar dari Pilkada sebelum-sebelumnya, harapan kami bisa dilakukan verifikasi terkait kelengkapan agar tidak ada kekurangan-kekurangan anggaran, baik yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat maupun daerah. Apalagi Desember itu sudah mendekati waktu tutup anggaran," tutur Sultan.
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar