Gunung Kidul menyambut beroperasinya Damri dukung kunjungan wisatawan

id Damri,Bandara Internasional Yogyakarta,Gunung Kidul

Gunung Kidul menyambut beroperasinya Damri dukung kunjungan wisatawan

Objek wisata di Gunung Kidul siap menyambut wisatawan. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyambut baik beroperasinya armada Damri dari Bandara Internasional Yogyakarta Kabupaten Kulon Progo dengan rute Pantai Baron-Kota Wonosari-Gunung Api Purba yang beroperasi sejak 15 Oktober 2020 untuk mendukung kunjungan wisatawan di wilayah ini.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan merujuk surat yang masuk dari Perum Damri Yogyakarta, ada delapan unit armada yang beroperasi ke wilayah Gunung Kidul dengan rute pertama dari Malioboro-Gunung Api Purba Nglanggeran- Wonosari- Pantai Baron dan rute kedua yakni Bandara YIA-Wonosari-Pantai Baron.

"Kami berharap dengan adanya armada Damri tersebut dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke wilayah Gunung Kidul," kata Hary.

Ia mengatakan beroperasinya armada Damri ke sejumlah objek wisata ini, merujuk surat dari Direktur Angkutan Jalan Negara terkait Persiapan Penugasan Kegiatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui subisidi angkutan umum di kawasan pariwisata.

Menurut dia, selama ini wisatawan dari Malioboro Yogyakarta dan dari Bandara YIA Kulon Progo kesulitan mengakses moda transportasi yang menuju Gunung Kidul. Selain wisatawan, diharapkan menjadi akses masyarakat warga Gunung Kidul ke kota, baik untuk bekerja dan berwisata.

"Selama ini, wisatawan yang tidak menggunakan kendaraan sendiri harus menyewa, karena tidak ada kendaraan umum yang masuk. Dengan adanya angkutan umum yang langsung ke sejumlah obyek wisata ini, juga bisa meningkatkan kualitas pariwisata artinya menumbuhkan minat berwisata sekaligus berbelanja," katanya.

Hary berharap armada Damri dapat menjadi penopang kunjungan wisatawan pada saat libur panjang, akhir Oktober ini. Untuk libur panjang pihaknya bersiap menghadapi kemungkinan adanya lonjakan wisatawan jelang libur panjang akhir pekan ini. Untuk mengawasi kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan wisatawan karena masih merebaknya wabah virus corona, Dinas Pariwisata Gunung Kidul menggandeng polisi, anggota TNI, dan Satpol PP.

"Untuk libur panjang besok kita mempersiapkan sekitar 200-an personel termasuk dari kita," kata Hary

Dia mengatakan hingga saat ini, Dinas Pariwisata Gunung Kidul telah melakukan uji coba pembukaan 29 destinasi wisata, baik pantai, pegunungan dan gua. "Kami yakin, dengan adanya armada Damri ke Gunung Kidul akan mendongkrak kunjungan wisatawan ke Gunung Kidul," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar