PT TWC meraih tiga penghargaan TOP CSR Awards 2021

id PT TWC ,TOP CSR Awards 2021,Taman wisata candi ,Borobudur ,Prambanan

PT TWC meraih tiga penghargaan TOP CSR Awards 2021

PT TWC raih tiga penghargaan TOP CSR Awards 2021 yang diterima TJSL dan SME Founding Manager Bambang Sarwo Eddy dan Corcomm & Stakeholder Relation Assistant Manager Frieska J Puteri. Foto Antara/HO-PT TWC

Sleman (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) berhasil meraih tiga penghargaan TOP CSR Awards 2021 yang diselenggarakan oleh majalah TOP Business di Jakarta pada Kamis (22 /4).

"PT TWC berhasil meraih penghargaan dalam kategori TOP CSR Awards 2020 Bintang 3, TOP Leader on CSR Commitment 2021 yang diraih oleh Direktur Utama PT TWC Edy Setijono serta Penghargaan Kategori Khusus dalam Program Pengembangan Destinasi Wisata Balkondes di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah," kata Manajer Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan SME Founding Manager PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Bambang Sarwo Eddy di Sleman, Jumat.

Penghargaan ini diterima langsung oleh TJSL dan SME Founding Manager Bambang Sarwo Eddy dan Corcomm & Stakeholder Relation Assistant Manager Frieska J Puteri di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta.

Menurut dia, penghargaan tahun ini merupakan penghargaan kelima sejak keikutsertaan PT TWC dalam ajang ini pada 2017.

"Penghargaan ini menjadi salah satu apresiasi yang bernilai dan menjadi semangat bagi PT TWC untuk terus menebar manfaat serta memberikan yang terbaik untuk program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) di masyarakat. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan program ini untuk ikut serta dalam terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan," katanya.

Ia mengatakan, Program TJSL PT TWC sendiri dijalankan dengan prinsip "Corporate Social Responsibility" (CSR) dan juga mengadopsi "Creating Shared Value" (CSV).

"Bagi TWC, pertanggungjawaban perusahaan yang dilakukannya itu tak sekadar melakukan program sosial atau kepedulian, tapi juga program CSR-nya sesuai dengan langkah perusahaan. Salah satunya ialah pengembangan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Program Balkondes ini mendapat Penghargaan Kategori Khusus dari ajang TOP Business Awards 2021," katanya.

Bambang mengatakan, PT TWC sebagai BUMN di sektor pariwisata menjadi salah satu inisiator berdirinya Balkondes yang dikelola oleh desa-desa di kawasan Borobudur. Melalui Balkondes, warga bisa terlibat langsung dalam ekosistem wisata Borobudur serta menikmati hasilnya.

"Sebagai etalase desa, Balkondes berikut homestaynya merupakan awal dari sebuah rantai ekonomi, sebuah sungai kecil yang bergabung menuju sungai besar yaitu Candi Borobudur. Salah satunya Balkondes di Ngaran, Borobudur yang merupakan binaan PT TWC," katanya.

Corcomm & Stakeholder Relation Assistant Manager PT TWC Frieska J. Puteri menambahkan pengembangan Balkondes ini tetap sesuai dengan pengembangan bisnis perusahaan sendiri. PT TWC pun bersinergi dan menawarkan program paket wisata yang diselaraskan dengan penggunaan jasa homestay di sekitar Borobudur ini.

"Ada paket khusus untuk bisa masuk ke homestay di Balkondes yang ada di 20 desa dalam bentuk paket wisata, misal Paket VW, yaitu menggunakan mobil VW safari tour keliling Balkondes. Ada juga Paket Andong, Paket Tilik Desa dan lainnya. Jadi semua itu kita sinergikan untuk strategi bisnis kami," katanya.

Ia mengatakan, selain Balkondes, PT TWC mengembangkan program lain, seperti pemberdayaan ibu rumah tangga di Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan Magelang, Jawa Tengah, serta program Mahasiswa Kreatif, Budidaya Tanaman Organik, dan program e-Balita.

TOP CSR Awards 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR yang efektif, berkualitas dan berkesinambungan. Tahun ini TOP CSR Awards 2021 mengangkat tema Peran Strategis CSR dalam Pemulihan Ekonomi Nasional di Era New Normal.
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar