Petugas Lapas Tembilahan inspeksi mendadak Blok Narkotika

id Lapas tembilahan, tembilahan, sidak lapas

Petugas Lapas Tembilahan inspeksi mendadak Blok Narkotika

Petugas Lapas Tembilahan saat melakukan sidak. (ANTARA/HO-Lapas Tembilahan)

Indragiri Hilir (ANTARA) - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Blok Mahoni Kamar 1-13 yang merupakan blok narapidana  khusus narkotika, Senin.

Kepala Lapas Kelas II A Tembilahan, Julianto Budhi Prasetyono, menuturkan sidak merupakan komitmen petugas lapas dalam mewujudkan Zero "Halinar" (handphone, pungli, dan narkoba) di Lapas Kelas II A Tembilahan.

"Ini kami lakukan untuk mencegah gangguan kamtib (keamanan dan ketertiban) dengan sasaran penertiban aliran listrik, barang terlarang berupa narkotika, handphone, senjata tajam, dan barang terlarang lainnya," kata dia.

Budhi mengungkapkan, dari sidak tersebut pihaknya  mengamankan beberapa benda terlarang seperti kipas angin, alat pemanas air, sambungan listrik beserta kabel, sendok besi, gunting, pisau, rokok elektrik, dan alat komunikasi beserta charger.

Ia mengatakan, petugas juga melakukan tes urine warga binaan pemasyarakatan beserta aparat di lapas tersebut.

Tes urine dilakukan terhadap 33 petugas dan warga binaan pemasyarakatan sebanyak 75 orang. "Hasil seluruhnya negatif," katanya..

Budhi mengungkapkan barang-barang terlarang yang berhasil diamankan saat sidak tersebut dinventarisasi dan didata untuk selanjutnya dimusnahkan dan dimasukkan ke dalam kotak barang sitaan.

"Alhamdulillah pelaksanaan sidak dan tes urine berjalan dengan lancar," kata dia.

Budhi mengingatkan para penghun lapas untuk menaati peraturan karena pihaknya secara berkala akan melakukan razia guna menciptakan keamanan dan kenyamanan.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar