Stray Kids juara "Kingdom", menyabet gelar "K-pop King"

id Kingdom mnet final,Stray Kids Kingdom,Stray Kids

Stray Kids juara "Kingdom", menyabet gelar "K-pop King"

Grup idola K-pop Stray Kids (YouTube/Mnet K-POP)

Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop Stray Kids menjadi pemenang ajang kompetisi "Kingdom: Legendary War" dalam babak final bertajuk "Who is the King" yang ditayangkan secara langsung pada Kamis malam ini di saluran televisi dan YouTube Mnet.

Kemenangan ini menjadikan grup beranggotakan delapan personel itu mendapatkan gelar "K-pop King", mengalahkan lima grup idola sesama peserta yakni ATEEZ, iKON, BTOB, SF9 dan The Boyz.

Para personel Stray Kids saling berpelukan setelah mendengar nama mereka menjadi pemenang "Kingdom" usai diumumkan pemandu acara Max Changmin TVXQ.

Grup BTOB dan rekan sesama peserta juga memeluk para personel Stray Kids, sembari menyampaikan ucapan selamat mereka.

Pemimpin Stray Kid, Bangchan menerima piala kemenangan dari Changmin lalu memberikannya pada personel termuda grupnya, I.N. Mereka lalu bersuka cita bersama rekan-rekannya.

"Kami berbahagia bisa bekerja bersama dan tampil bersama senior dan junior kami. Karena STAY (nama penggemar Stray Kids) juga kami bisa sejauh ini. Kami akan bekerja lebih keras lagi mulai sekarang, terima kasih," kata Stray Kids.

Sebelum pemenang diumumkan pada pukul 21.04 WIB tadi, keenam grup menampilkan lagu baru mereka. ATEEZ tampil pertama, mempersembahkan lagu "The Real", diikuti Stray Kids yang membawakan "WOLFGANG" dan The Boyz dengan "KINGDOM COME".

Setelahnya giliran BTOB menyanyikan "Final (Show and Prove)" membuat suasana saat itu bak konser solo mereka, kemudian iKON dengan "At Ease" yang tetap menghadirkan ciri khas hip-hop mereka dan SF9 menutup penampilan grup melalui "Believer".

Keenam lagu baru ini sudah dirilis versi digitalnya di berbagai laman streaming musik dan YouTube resmi pada 28 Mei lalu. Nantinya lagu-lagu itu menjadi salah satu bagian perhitungan suara untuk menentukan pemenang "Kingdom".

Sebelumnya, dalam tangga lagu realtime versi Genie, lagu "KINGDOM COME" The Boyz beberapa kali menduduki peringkat teratas di antara lagu peserta lain. Lagu ini bahkan pernah berada di posisi nomor satu, mengalahkan "Butter" dari grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS).

Changmin akhirnya mengumumkan lagu "KINGDOM COME" menduduki peringkat teratas. Peringkat kedua hingga keenam masing-masing ditempati "WOLFGANG", "Final (Show and Prove), "The Real", "At Ease" dan "Believer".

Setelah membawakan lagu baru khusus untuk babak final, perwakilan vokal masing-masing grup yakni Jongho ATEEZ, Eunkwang BTOB, DK iKON, Inseong SF9, Seungmin Stray Kids dan Hyunjae The Boyz melalui tim "King's Voice" menyanyikan lagu baru berjudul "Boy's Diary".

Lagu yang berisi berbagai macam emosi keenam tim selama 100 terakhir berpartisipasi dalam "Kingdom: Legendary War" ini dipersembahkan untuk para penggemar yang sepanjang waktu sudah mendukung mereka.
 
Grup idola K-pop Stray Kids (twitter.com/Stray_Kids)


Jejak Stray Kids di "Kingdom"
Grup Stray Kids dengan moto " " yang bisa diartikan menggabungkan berbagai hal sesuai selera. Mereka menampilkan beragam pertunjukan selama "Kingdom", seperti halnya lima grup lainnya.

Menjelang "Kingdom", Stray Kids mengajak penggemarnya bernostalgia melalui penampilan di panggung perkenalan. Saat itu membawakan lagu "Miroh" yang menjadi salah satu lagu populer mereka.

Setelahnya, pada panggung yang ditayangkan pada 1 April 2021 kembali membawakan lagu "Miroh" dalan durasi 100 detik. Mereka akhirnya menjadi pemenangnya dengan perolehan terpaut 117.945 suara dari The Boyz yang berada di urutan kedua.

Pada ronde pertama kompetisi bertema "To the World", Stray Kids menghadirkan versi mashup antara "God's Menu" dan "Side Effect" dan ronde itu akhirnya dimenangkan ATEEZ yang saat itu menghadirkan lagu "Symphony No.9 From the Wonderland".

Selanjutnya, pada ronde kedua bertema "Re-Born", mereka memilih membawakan lagu "I'll be Your Man" milik BTOB. Alasan mereka memilih lagu ini karena ingin menunjukkan warna berbeda termasuk menunjukkan kemampuan vokal para personel. Han membuat kejutan dengan tampil sebagai vokalis, padahal selama ini dia berada pada posisi sebagai rapper di grup.

Ronde ini kembali dimenangkan ATEEZ yang menghadirkan "RHYTM TA" milik iKON.

Pada ronde ketiga, bertema "No Limit" yang terbagi menjadi dua babak, Stray Kids bersama ATEEZ dan BTOB membentuk grup MAYFLY dan membagi personel mereka ke dalam tiga unit yakni rap, vokal dan tari.

Sementara di sisi lain, tiga grup tersisa yaitu iKON, The Boyz dan SF9 berkolaborasi membentuk tim "IT'S ONE".

Babak pertama, tim MAYFLY menang dengan perolehan skor mutlak 3:0. Saat itu, mereka membawakan lagu "Paint" (unit rap), koreografi lagu "Wolf" milik grup EXO, yang mereka hadirkan dalam versi sendiri (unit tari) dan lagu "Love Poem" milik penyanyi IU.

Pada babak kedua, Stray Kids membawakan versi mashup antara lagu "God's Menu" dan "Ddu-Du-Ddu-Du" milik grup idola K-pop BLACKPINK dengan nuansa panggung bertema Deadpool. Felix bahkan mengenakan kostum mirip dengan karakter yang diperankan aktor Ryan Reynolds itu.

Ronde "No Limit" akhirnya dimenangkan SF9 yang kala itu membawakan lagu "Move" dari Taemin SHINee.
 

Catatan sepanjang "Kingdom"
"Kingdom" yang dimulai pada Februari (panggung perkenalan) lalu penayangan perdana pada 1 April lalu memberikan tantangan tiga ronde pada enam grup peserta, yakni "To the World" dengan membawakan lagu populer mereka, "Re-born" dengan menginterpretasikan lagu sesama peserta dan "No Limit" yang terbagi menjadi dua babak.

Beragam aksi panggung dibawakan keenam peserta, mulai dari permainan efek cahaya, tata panggung, properti raksasa seperti karakter monster laut Kraken dari film "Pirates of The Carribean", kapal dan tank raksasa, karakter Deadpool yang akhirnya menarik perhatian aktor Ryan Reynolds, perubahan posisi personel grup hingga aksi pamer otot perut yang membuat sesama peserta terkejut.

Dalam acara yang tayang dalam 10 episode, penonton dan penggemar bisa sekaligus bernostalgia melihat para idola membawakan lagu lawas populer mereka, namun dalam nuansa baru. Keenam peserta juga menunjukkan ciri khas mereka dalam tampilan anyar.

Sederet bintang tamu juga tampil sepanjang "Kingdom" sebagai bagian dari penampilan grup, yakni Lisa BLACKPINK, Miyeon (G)-I-DLE, band militer hingga grup musikal La Poem.

Tak hanya tampil dalam grup aslinya, panggung kolaborasi antara sesama peserta juga dihadirkan. Mereka terbagi menjadi tiga unit yakni vokal, tari dan rap.

Grup ATEEZ, Stray Kids dan BTOB berkolaborasi di bawah nama MAYFLY, sementara tiga grup tersisa yakni iKON, SF9 dan The Boyz bekerja sama atas nama IT'S ONE.

Pada babak akhir, enam perwakilan vokal dari masing-masing grup berkolaborasi membawakan lagu baru, yang mereka persembahkan untuk para penggemar.

Di sela pertarungan yang intens, ada jeda satu hari. Pihak penyelenggara menghadirkan sesi rehat melalui pertandingan olahraga yang diwarnai tingkah jenaka para idola. Sesi itu bahkan mempersembahkan gelar "Visual King" yang dimenangkan Minhyuk BTOB.

Tak hanya soal penampilan peserta, "Kingdom" juga diterpa berita negatif mulai dari tuduhan perlakuan tak adil pada peserta, terpaparnya salah satu penari dengan COVID-19.

Kemudian, Yunho TVXQ mundur sebagai pemandu acara karena tersangkut kasus pelanggaran peraturan jarak sosial, tak berpartisipasinya Hyunjin Stray Kids usai tersangkut dugaan perisakan selama di sekolah.

Tak hanya Hyunjin, Mingi ATEEZ juga tak bisa tampil bersama grupnya, namun karena alasan gejala gangguan kecemasan. Walau begitu, dia berpartisipasi dalam rekaman lagu final ATEEZ.

Selama acara, peringkat peserta di setiap babak diumumkan. Grup ATEEZ tercatat menjadi pemenang di ronde pertama dan kedua, sementara ronde terakhir dimenangkan grup SF9.

Berbeda dari ajang pembukanya, "Road to Kingdom" yang dimenangkan The Boyz, kali ini tak ada eliminasi di setiap pekan atau pengumuman peringkat.

Keenam peserta grup hanya ditantang menampilkan kemampuan mereka untuk akhirnya meraih gelar "K-pop King".
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024