Pemkab Kulon Progo diminta meningkatkan capaian vaksinasi dosis kedua

id vaksinasi,Kulon Progo,COVID-19,Fraksi Golkar,DPRD Kulon Progo

Pemkab Kulon Progo diminta meningkatkan capaian vaksinasi dosis kedua

Anggota DPRD Kulon Progo dari Fraksi Golkar Agus Supriyanta meninjau pelaksanaan vaksinasi di Pandowan, Kecamatan Galur. (Foto ANTARA/HO-Dokumen pribadi Agus Supriyanta).

Kulon Progo (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Agus Supriyanta meminta pemerintah setempat bekerja keras meningkatkan capaian vaksinasi dosis kedua yang baru mencapai 30,19 persen atau 103.455 dari total 324.720 sasaran.

Agus Supriyanta di Kulon Progo, Senin, mengatakan sampai saat ini, capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 68,69 persen atau 235.420 dari total 324.720 sasaran.

"Kami mengapresiasi capaian vaksinasi tahap pertama yang sudah mencapai sebesar 68,69 persen. Namun kami berharap pemkab dan jajarannya juga harus kerja keras lagi meningkatkan capaian vaksinasi tahap kedua," harap Agus.

Ia mengatakan vaksinasi dilakukan berbasis desa sudah dilakukan dan berjalan lancar. Ke depan, ia berharap tidak ada kerumunan akibat vaksinasi. Jika dilakukan dengan baik berbasis desa didukung manajemen yang baik, kerumunan dapat hindari.

"Kami minta ada peningkatan manajemen mengantisipasi kerumunan vaksinasi yang digelar di desa-desa," harapanya.

Agus mengatakan seluruh kelompok sasaran baik nakes, pelayanan publik, remaja, lansia dan disabilitas juga masyarakat umum di Kulon Progo dalam waktu dekat perlu segera vaksinasi sesuai target cakupan.

Bagi warga yang sudah vaksinasi diingatkan agar terus jalankan protokol kesehatan, disiplin cuci tangan, selalu pakai masker saat beraktivitas di luar dan jaga jarak serta hidup sehat.

"Meski kasus penambahan harian COVID-19 di Kulon Progo rendah dan capaian vaksinasi tinggi, berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran. Mari selalu saling bantu, mereka yang membutuhkan dukungan dan pitulungan," kata Agus.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati mengatakan pada September ini, pemkab mentargetkan capaian vaksinasi sebesar 75 persen dan Oktober sebesar 100 persen dari total 324.720 sasaran.

"Kami optimistis capaian vaksinasi akan terealisasi sesuai target seiring semakin masifnya pelaksanaan vaksinasi di Kulon Progo," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021