Pemkab Sleman menyelenggarakan vaksinasi rabies gratis

id Vaksinasi rabies gratis ,Vaksinasi rabies Sleman ,Bupati Sleman Kustini ,Vaksinasi hewan peliharaan ,Kabupaten Sleman ,S

Pemkab Sleman menyelenggarakan vaksinasi rabies gratis

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meninjau pelaksanaan vaksinasi rabies gratis yang diselenggarakan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman. Foto ANTARA/HO-Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, menyelenggarakan vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan, Selasa.

Penyelenggaraan vaksinasi rabies berlangsung di tiga lokasi wilayah yaitu di Kapanewon (Kecamatan) Gamping, Cangkringan dan Berbah.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan kegiatan vaksinasi rabies tersebut diselenggarakan rutin setiap tahunnya untuk memperingati Hari Rabies Sedunia.

"Setiap 28 September 2021 (Hari Rabies Sedunia) kami rutin menyelenggarakan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan," katanya.

Menurut dia, tahun ini Pemerintah Kabupaten Sleman mendapatkan kuota dosis vaksin rabies dari Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian sebanyak 500 dosis vaksin rabies.

Di samping itu, dalam pelaksanaanya Pemkab Sleman mendapatkan tambahan jumlah dosisi vaksin yang diberikan oleh Ikatan Dokter Hewan sebanyak 100 dosis vaksin.

"Sebanyak 500 dosis vaksin kami siapkan untuk dibagi di tiga wilayah yaitu Gamping sebanyak 242 dosis, Cangkringan 140 dosis dan Berbah 118 dosis. Sementara untuk vaksin yang diberikan oleh Ikatan Dokter Hewan sebanyak 100 dosis dipakai sebagai cadangan bagi mereka yang datang dan belum melakukan pendaftaran sebelumnya," katanya.

Sementara jumlah hewan peliharaan yang telah terdaftar untuk mengikuti vaksinasi rabies tersebut yaitu kucing sebanyak 446 ekor, anjing 51 ekor dan kera tiga ekor.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo turut hadir dan meninjau langsung penyelenggaraan vaksinasi rabies di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Gamping sebagai salah satu lokasi vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan.

Kustini Sri Purnomo mengatakan vaksinasi rabies merupakan salah satu yang perlu diperhatikan untuk hewan peliharaan.

"Rabies ini juga merupakan virus yang berpotensi menular ke manusia, maka dari itu saya sangat mengapresiasi adanya penyelenggaraan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan," katanya.
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meninjau pelaksanaan vaksinasi rabies gratis yang diselenggarakan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman. Foto ANTARA/HO-Pemkab Sleman
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024