Sleman menggelar roadshow penanggulangan kemiskinan dengan PKH

id Wabup Sleman Danang ,Penanggulangan Kemiskinan Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman ,Program keluarga harapan

Sleman menggelar roadshow penanggulangan kemiskinan dengan PKH

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa pada roadshow dan diskusi penanggulangan kemiskinan di Kapanewon Sleman. Foto ANTARA/HO-Humas Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta terus melakukan upaya percepatan penanggulangan kemiskinan salah satunya dengan melakukan roadshow dan diskusi penanggulangan kemiskinan di masa pandemi COVID-19 bagi penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH).

"Upaya percepatan penanggulangan kemiskinan menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Sleman," kata Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa pada roadshow penanggulangan kemiskinan di Kapanewon (Kecamatan) Sleman, Jumat.

Kegiatan serupa rencananya juga akan dilaksanakan di 17 kapanewon se-Kabupaten Sleman hingga Maret mendatang.

Danang Maharsa yang juga selaku ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Sleman menerangkan bahwa upaya penanggulangan kemiskinan ini juga sesuai dengan yang tertera di dokumen RPJMD Kabupaten Sleman.

"Upaya penanggulangan kemiskinan terdapat dalam misi-5, yaitu membangun perekonomian yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan, khususnya pada tujuan menurunnya ketimpangan pendapatan, dengan sasaran menurunnya kemiskinan," katanya.

Menurut dia, upaya pengentasan kemiskinan ini tidak ringan dan tidak mudah disebabkan kondisi pandemi COVID-19 saat ini.

"Ada sejumlah strategi Pemerintah Kabupaten Sleman untuk memutus mata rantai keluarga miskin," katanya.

Danang menyebutkan strategi tersebut diantaranya, meningkatkan pendidikan keluarga miskin, menciptakan 'link and macth' antara dunia pendidikan dan dunia kerja, menumbuhkan UMKM yang mandiri dan berkembang di kalangan keluarga miskin.

"Selain itu menjamin kebutuhan dasar keluarga miskin di bidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosialnya. Akan terus kami dampingi dan arahkan agar mata rantai kemiskinan ini bisa terputus," katanya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Dinas Sosial, Bappeda, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Sleman, Tim Sepeda Mas, Koordinator PKH Tingkat Kabupaten, Koordinator Pendamping PKH tingkat Kapanewon, para Pendamping PKH sekapanewon, TPSK, Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) kapanewon, TPK kalurahan dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024