Pemkab Bantul mendukung bakti sosial santuni yatim piatu korban COVID-19

id Bupati Bantul

Pemkab Bantul mendukung bakti sosial santuni yatim piatu korban COVID-19

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyambangi kegiatan santunan anak yatim piatu korban COVID-19 dalam rangka HPN 2022 di Paker, Desa Mulyodadi, Kabupaten Bantul, DIY, Senin (14/2/2022). (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendukung bakti sosial pemberian santunan kepada anak yatim piatu yang kedua orang tua meninggal karena COVID-19 yang diinisiasi Forum Pewarta Bantul dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

"Saya menyambut baik dan mendukung kegiatan bakti sosial dalam rangka HPN 2022 ini, karena masalah kesejahteraan sosial ini harus terus kita tanggulangi bersama," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih usai menghadiri kegiatan santunan tersebut di Desa Mulyodadi, Bantul, Senin.

Dia mengharapkan dengan santunan kepada keluarga anak yatim piatu korban COVID-19 tersebut, akan menyempurnakan upaya pemerintah dan semua pihak dalam menanggulangi masalah kesejahteraan sosial.

Apalagi, kata dia, pandemi COVID-19 telah meninggalkan beberapa duka di antara masyarakat Bantul, seperti Meisa dan Meila, yang harus kehilangan orang tua karena COVID-19. Mereka saat ini diasuh oleh nenek dan keluarga kerabat.

"Tentu pemerintah sangat berterima kasih kepada Mbah Mursinem dan keluarga yang mengambil alih hak pengasuhan anak-anak ini demi masa depan mereka yang lebih baik, dan ini akan terus kita pantau, kita 'support' (dukung) anak-anak kita yang kehilangan orang tua," katanya.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih juga mengajak berbagai elemen turut menanggulangi masalah kesejahteraan sosial, baik kepada anak yatim, fakir miskin, maupun orang-orang yang memerlukan pertolongan serta kepedulian.

"Dan memang seyogyanya peringatan dan tasyakuran kita peringati dengan cara seperti ini cara-cara di mana rasa syukur itu harus diwujudkan dalam bentuk meringankan beban membantu menolong saudara-saudara kita yang memerlukan bantuan," katanya.

Ia mengatakan santunan kepada anak yatim piatu karena COVID-19 juga warga yang tertimpa musibah kehilangan penglihatan pada kegiatan ini positif, sehingga pola seperti ini akan terus didorong agar dilakukan pada setiap peringatan atau tasyakuran.

"Rasa syukur tasyakuran harus diwujudkan dalam bentuk meringankan beban penderitaan orang lain, saya ucapkan Hari Pers Nasional, mudah-mudahan para wartawan terus dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan kita yang semakin baik," kata dia.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024