Dinkes Kulon Progo imbau masyarakat menerapkan pola hidup sehat

id Kemarau basah ,Dinkes Kulon Progo ,Kulon Progo

Dinkes Kulon Progo imbau masyarakat menerapkan pola hidup sehat

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kulon Progo Rina Nuryati. (ANTARA/HO-Dokumen Dinkes Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang agar tidak mudah terserang penyakit pada musim kemarau basah ini.

"Hal utama yang perlu dilakukan masyarakat saat musim seperti saat ini adalah istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kulon Progo Rina Nuryati di Kulon Progo, Minggu.

Ia mengatakan, dampak kemarau basah terhadap kesehatan masyarakat Kulon Progo sampai saat ini belum ada yang menonjol. Penyakit-penyakit yang berkembang masih dalam taraf wajar, belum ada peningkatan yang signifikan.

Penyakit yang harus diwaspadai masyarakat, menurut dia, sebetulnya semua jenis penyakit, terutama yang terpengaruh iklim, seperti penyakit saluran cerna, saluran napas, dan infeksi mata.

"Hal terpenting adalah masyarakat tetap melakukan tindakan preventif, cegah sebelum sakit lebih baik daripada mengobati penyakit," katanya.

Rina juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan meski di Kulon Progo saat ini tidak ada kasus aktif COVID-19.

"Protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan dan diutamakan. Jangan sampai lengah karena masih ada COVID-19," katanya.

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati mengatakan per Sabtu (11/6) di Kulon Progo sudah tidak ada kasus aktif COVID-19.

"Kami tetap meminta masyarakat menerapkan protokol kesehatan," katanya.