KPI Mina Gadung Bangunkerto membangun agrowisata perikanan

id KPI Mina Gadung ,Agrowisata mina Gadung ,Bangunkerto turi Sleman ,Bupati Sleman ,Kabupaten Sleman ,Dinas Pertanian Slem

KPI Mina Gadung Bangunkerto membangun agrowisata perikanan

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melakukan peletakan batu pertama pembangunan agrowisata KPI Mina Gadung Bangunkerto Turi. Foto ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Kelompok Petani Ikan (KPI) Mina Gadung Kelurahan Bangunkerto, Kabupaten Sleman, membangun agrowisata untuk mengangkat potensi perikanan di wilayah itu agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Peletakan batu pertama pembangunan agrowisata tersebut dilakukan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di kawasan agrowisata Kalurahan Bangunkerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Kamis.

Kustini mengapresiasi KPI Mina Gadung yang telah menginisiasi pembangunan kawasan agrowisata di Kalurahan Bangunkerto dan berharap agrowisata tersebut dapat mengangkat perekonomian masyarakat.

Menurut dia, Pemkab Sleman melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan akan terus memberikan pendampingan dan dukungan yang diperlukan dalam pengembangan agrowisata tersebut.

"Terlebih di Sleman ini banyak hotel, banyak restoran. Masalah penjualannya bagaimana nanti juga kami bantu. Tapi ini harus dibarengi dengan gerakan gemar makan ikan, karena ikan baik untuk kecerdasan," katanya.

Ketua KPI Mina Gadung Mawardi mengatakan bahwa KPI Mina Gadung berdiri pada 2019, dengan jumlah anggota saat ini sebanyak 46 orang.

"KPI Mina Gadung terdiri dari warga yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu," katanya.

Menurut dia, di kawasan agrowisata tersebut  akan dibangun beberapa fasilitas, di antaranya pasar ikan, display ikan, spot selfie, dan gapura.

Ia berharap pembangunan kawasan agrowisata tersebut  dapat memperbaiki perekonomian masyarakat di Kalurahan Bangunkerto.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman yang telah memberikan bantuan hibah Sistem Budidaya Ikan Nila dengan Sentuhan Kincir Air berupa bibit, pakan, kincir dan genset," katanya.

Pada kegiatan tersebut Kustini juga melakukan panen ikan secara simbolis di salah satu kolam milik Kelompok Pembudidaya Ikan (KPI) Mina Gadung.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara pada Forum Komunikasi Pelaku Perikanan yang digagas oleh KPI Mina Gadung bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman.
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melakukan panen ikan di kawasan agrowisata KPI Mina Gadung Bangunkerto Turi. Foto ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024