Presiden Jokowi tegaskan perlindungan hukum rakyat harus terus diperkuat

id Jokowi, pidato presiden, sidang tahunan, hut ri

Presiden Jokowi tegaskan perlindungan hukum rakyat harus terus diperkuat

Presiden Joko Widodo menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). ANTARA/Agus Suparto

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menegaskan perlindungan hukum, sosial, politik dan ekonomi untuk rakyat harus terus diperkuat, dalam upaya mewujudkan Indonesia berkeadilan.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidatonya saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa,

"Perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat harus terus diperkuat. Pemenuhan hak sipil dan praktik demokrasi, hak politik perempuan dan kelompok marjinal, harus terus kita jamin. Hukum harus ditegakkan seadil-adilnya, tanpa pandang bulu," tegas Presiden.

Dia menekankan keamanan, ketertiban sosial, dan stabilitas politik adalah kunci. Rasa aman dan rasa keadilan harus dijamin oleh negara, khususnya oleh aparat penegak hukum dan lembaga-lembaga peradilan.

"Demikian juga dengan pemberantasan korupsi juga terus menjadi prioritas utama. Untuk itu, Polri, Kejaksaan, dan KPK terus bergerak," jelasnya.

Jokowi menyebut korupsi besar di Jiwasraya, ASABRI, dan Garuda berhasil dibongkar, dan pembenahan total telah dimulai. Selain itu penyelamatan aset negara yang tertunda, seperti kasus BLBI, terus dikejar, dan sudah menunjukkan hasil.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden tegaskan perlindungan hukum rakyat harus terus diperkuat
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024