Masyarakat harus aktif terlibat pelaksanaan Pemilu 2024

id DPR RI,Pemilu 2024,Guspardi Gaus

Masyarakat harus aktif terlibat pelaksanaan Pemilu 2024

Dokumentasi petugas KPUD Kupang mengangkut logistik pemilu untuk pemilihan gubernur NTT pada Rabu (27/6/2018) lalu di Kupang. ANTARA Foto/Kornelis Kaha

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi II DPR, Guspardi Gaus, mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dan ikut terlibat langsung mendukung pelaksanaan Pemilu 2024.

"Masyarakat diharapkan dapat terlibat dalam setiap tahapan Pemilu sebagai pemilih, penyelenggara, atau peserta pemilu," kata dia, di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, inti dari sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi masyarakat yang mempunyai hak pilih adalah pertama, harus mengetahui informasi tentang kepemiluan.

Kedua menurut dia, tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk aktif dalam pemilu, dan ketiga, adanya upaya masyarakat untuk terlibat langsung dalam setiap tahapan pemilu.

Ia mendorong masyarakat agar bisa menjadi pemilih cerdas dalam rangkaian pemilu serentak yang akan digelar pada 2024.

"Pemilih cerdas adalah mereka yang terlibat dan mempunyai kesadaran saat sebelum pemilu, saat pemilu berlangsung, dan setelah pemilu dilaksanakan," ujarnya.

Ia bilang, masyarakat yang punya hak pilih sebelum pemungutan suara dilaksanakan harus memastikan terdaftar sebagai pemilih dan paham hak dan kewajiban serta mengetahui kapan pemungutan suara dilaksanakan.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anggota DPR minta masyarakat aktif dukung pelaksanaan Pemilu 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024