Wisuda sekolah, kata BKKBN, wujudkan lansia tangguh

id lansia tangguh,bkkbn,lansia,sekolah lansia,Wisuda wujudkan lansia tangguh,Wisuda lansia

Wisuda sekolah, kata BKKBN, wujudkan lansia tangguh

Sejumlah lansia mengikuti wisuda yang digelar oleh BKKBN Perwakilan Jawa Tengah. (ANTARA/HO-BKKBN)

Jakarta (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan wisuda sekolah lansia merupakan sebuah upaya untuk mewujudkan lansia Indonesia yang tangguh, mandiri dan produktif.

“BKKBN berkomitmen penuh terhadap terwujudnya lansia tangguh. Selain program sekolah lansia antara lain dengan diluncurkannya GoLantang berbasis website dan aplikasi,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah Widwiono dalam keterangannya di Jakarta, Senin.
 

Widwiono menuturkan, sebanyak 75 lansia telah diwisuda oleh BKKBN Perwakilan Jawa Tengah di Gedung Olah Raga Wana Wisata Bukit Situ, Desa Kaligiri, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes pada Kamis (19/1), dimana lansia tertua yang diwisuda bersuia 99 tahun.

“Dimulai di awal 2022 dengan 80 siswa, lima orang meninggal dunia dalam proses belajar mengajar, sehingga tersisa 75 siswa yang dapat diwisuda,” katanya.
 

Setiap lansia yang diwisuda, berasal dari sekolah lansia “Matahari” yang berasal dari Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Sekolah itu adalah program pemberian pengetahuan berkelanjutan bagi lansia di wilayah Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes.

Selama kurang lebih dalam 20 kali pertemuan, terdapat tujuh materidimensi lansia tangguh, yakni spiritual, fisik, emosional, intelektual, sosial kemasyarakatan, profesional vokasional dan lingkungan, program stunting untuk para siswa, sampai materi pendampingan lansia untuk keluarga siswa.
 

Wisuda itu, dihadiri juga oleh anak dan cucu dari peserta wisuda untuk melihat peserta didik lulus dan menerima ijazah yang diserahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlinduangan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Brebes.

Dengan digelarnya wisuda bagi lansia, Widwiono berharap, para peserta dapat memberikan contoh, teladan, motivasi dan kebahagiaan bagi anak dan cucu.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BKKBN: Wisuda upaya wujudkan lansia tangguh
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023