Kelemahan SPI Laporan Keuangan Polri TA 2022 ditemukan BPK

id BPK,Polri,LK,Laporan Keuangan,APIP

Kelemahan SPI Laporan Keuangan Polri TA 2022 ditemukan BPK

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun (kanan) bersama anggota I BPK Nyoman Adhi Suryadnyana (kiri) berjalan keluar usai menyerahkan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I Tahun 2022 kepada Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/11/2022). IHPS I Tahun 2022 yang diserahkan BPK diantaranya memuat 137 hasil pemeriksaan keuangan pemerintah pusat dengan capaiaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) tahun 2021 sebesar 95 persen. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Jakarta (ANTARA) - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan kelemahan dalam sistem pengendalian intern (SPI) maupun permasalahan ketidakpatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam Laporan Keuangan (LK) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) Tahun Anggaran (TA) 2022.

“Kelemahan SPI tersebut di antaranya adalah kesalahan dalam penganggaran pada kegiatan pengadaan, sehingga realisasi belanja modal dan belanja barang dalam laporan realisasi anggaran (LRA) tidak menggambarkan kondisi yang sebenarnya,” ujar Anggota I BPK Nyoman Adhi Suryadnyana saat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LK Polri TA 2022 kepada Kepala Polri Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Sabtu.

Selain itu, BPK turut menemukan kelemahan dalam penggunaan langsung penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang tanpa melalui mekanisme anggaran pendapatan dan belanja negara atas jasa pengamanan dan pengawalan oleh satuan brigade mobile di kepolisian daerah.

Lebih lanjut, pihaknya menemukan pula permasalahan pada ketidakpatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan keuangan negara.

“Salah satunya dari permasalahan tersebut adalah kelebihan pembayaran atas pekerjaan yang bersumber dari belanja barang dan jasa serta belanja modal," kata Auditor Utama Keuangan Negara I BPK Akhsanul Khaq.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPK temukan kelemahan dalam SPI Laporan Keuangan Polri TA 2022

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024