Diplomasi "ziarah kubur" mampu tingkatkan ekspor Indonesia, ungkap Zuhairi

id Dubes Indonesia,Tunisia,Ziarah Kubur, diplomasi

Diplomasi "ziarah kubur" mampu tingkatkan ekspor Indonesia, ungkap Zuhairi

Duta Besar Indonesia untuk Tunisia Zuhairi Misrawi (kaca mata) melakukan ziarah kubur ke makam ulama besar Tunisia yaitu Syaikh 'Allamah Muhammad Tahir bin 'Asyur di Tunis, Tunisia, Minggu (16/7/2023). (ANTARA/HO-Imam Budilaksono)

Tunis, Tunisia (ANTARA) - Duta Besar Indonesia untuk Tunisia Zuhairi Misrawi mengatakan “diplomasi ziarah kubur” yang dilakukannya menjadi cara diplomasi kebudayaan untuk mendapatkan hasil positif, khususnya meningkatkan ekspor Indonesia ke Tunisia.

“Hari kedua menjadi Dubes Indonesia untuk Tunisia, saya melakukan ziarah ke makam ulama besar Tunisia yaitu Syaikh 'Allamah Muhammad Tahir bin 'Asyur,” kata Zuhairi
setelah melakukan ziarah ke makam Muhammad Tahir di Tunis, Tunisia, Minggu.

Dia mengaku berkat “diplomasi kuburan” yang dilakukan, banyak kemajuan positif diperoleh, khususnya dalam hubungan bilateral Indonesia-Tunisia.

Zuhairi mencontohkan saat ini warga Indonesia yang berkunjung ke Tunisia sudah bebas visa.

“Sebelum saya menjadi Dubes Indonesia, pengajuan visa warga Indonesia prosesnya sekitar tiga bulan. Namun saat ini kita sudah bebas visa,” ujarnya.

Selain itu, menurut dia, ekspor Indonesia ke Tunisia di 2023 senilai 250 juta dolar Amerika Serikat (AS), di tahun 2022 sekitar 150 juta dolar AS.

Zuhairi mengatakan produk ekspor Indonesia ke Tunisia seperti kelapa sawit, furnitur, tekstil, mobil, dan kayu gaharu.

“Saat ini 'preferential trade agreement' dalam proses, kalau sudah selesai, maka ekspor Indonesia bisa naik menjadi 500 juta dolar AS. Pihak Tunisia sudah meminta PTA dilanjutkan,” katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Zuhairi: Diplomasi “ziarah kubur” tingkatkan ekspor Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024