Institusi pendidikan intensifkan transaksi berbasis digital

id BI Tegal, transaksi digital

Institusi pendidikan intensifkan transaksi berbasis digital

Kepala Unit Data Statistik dan Kehumasan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal Taufik . (ANTARA/HO-Humas Kota Pekalongan)

Pekalongan (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Jawa Tengah, mengajak institusi pendidikan mulai tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi menggunakan transaksi digital di antaranya dengan mengadopsi sistem pembayaran nontunai.

Kepala Unit Data Statistik dan Kehumasan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal Taufik di Pekalongan, Minggu, mengatakan bahwa pihaknya mendorong dunia pendidikan jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi bisa menginformasikan peran dan tugas Bank Indonesia yang relevan dengan perekonomian daerah dan daya saing sumber daya manusia.

"Dunia pendidikan yang saat ini masih menggunakan sistem pembayaran tunai ke depan diharapkan bisa mengadopsi pembayaran nontunai agar anak didik terbiasa dengan pembayaran program (platform) digital," katanya.

Menurut dia, sektor pendidikan berbasis digital ini, sebenarnya sudah dimulai sejak adanya arahan Presiden Jokowi pada 2020, dimana seluruh daerah mengadopsi platform digital untuk transaksi di seluruh lingkup pemerintahan, termasuk institusi pendidikan di masing-masing pemerintah daerah.