"Festival Dolanan Tradisional" rangsang kreativitas

id permainan, tradisional, te,amnggung, himpaudi

"Festival Dolanan Tradisional" rangsang kreativitas

Beberapa guru PAUD bermain egrang dalam Festival Dolanan Tradisional di Alun-Alun Kabupaten Temanggung, Sabtu (9/9/23). ANTARA/Heru Suyitno

Temanggung (ANTARA) - Sejumlah permainan tradisional yang digelar dalam "Festival Dolanan Tradisional" di Alun-Alun Kabupaten Temanggung diharapkan dapat merangsang kreativitas anak, kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo.

"Pendidikan anak usia dini (PAUD) ditekankan bermain sambil belajar, belajar sambil bermain," katanya usai menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan anak usia dini Indonesia (Himpaudi) di Temanggung, Sabtu.

Oleh karena itu, katanya tentu para pendidik harus tahu jenis-jenis permainan permainan tradisional yang kreatif ini, sekaligus untuk melestarikan kebudayaan yang ada di wilayah Kabupaten Temanggung.

Ketua Himpaudi Kabupaten Temanggung Evi Indriasari menyampaikan dalam kegiatan HUT ke-18 Himpaudi di Alun-Alun Temanggung ini dihadiri sekitar 840 guru kelompok bermain, guru taman penitipan anak dan guru PAUD.

Ia mengatakan festival ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dengan seluruh pendidik yang berada di dalam organisasi Himpaudi Kabupaten Temanggung.