Indonesia-Korsel berpotensi kerja sama budaya

id Moeldoko, kerja sama budaya RI-Korea

Indonesia-Korsel berpotensi kerja sama budaya

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat melakukan sesi wawancara dengan Jaringan Televisi MDN, di Seoul, Korea Selatan. (ANTARA/Dokumentasi KSP)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut Indonesia mempunyai peluang besar untuk membangun kerja sama budaya dengan Korea Selatan karena memiliki kecocokan budaya.

Moeldoko mengatakan hal itu terlihat dari pesatnya pengaruh budaya Korea pada generasi muda Indonesia yang dikenal dengan Korean Wave.

“Budaya Korea terbukti bisa diterima di Indonesia. Ini artinya ada sebuah kecocokan budaya antara Indonesia dengan Korea,” kata Moeldoko, di gedung Bina Graha Jakarta, Jumat, sebagaimana keterangan tertulis di Jakarta.

Sebelumnya Moeldoko melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan, pada 13-14 September 2023.

Selain menjadi pembicara kunci pada Forum Pengetahuan Dunia atau World Knowledge Forum (WKF), pada kunjungan kerja tersebut Moeldoko berkesempatan menyampaikan gagasannya dalam pengembangan teknologi pertanian, pada forum Green Digital Economy Platform.

Moeldoko mengatakan kerja sama budaya merupakan salah satu cara untuk mempererat hubungan kedua negara yang sudah berlangsung selama 50 tahun.

Melalui budaya, kata dia, hubungan akan menjadi rileks dalam kedekatannya.

“Bahkan dapat menjadi sebuah buffer dalam hubungan kedua negara," sambungnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Moeldoko: RI-Korea Selatan punya potensi besar kerja sama budaya 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024