Penentuan bacawapres masih cair, kata Gerindra

id Partai Gerindra,Prabowo Subianto,Koalisi Indonesia Maju,Cawapres

Penentuan bacawapres masih cair, kata Gerindra

Arsip foto - Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/9/2023). ANTARA/Melalusa Susthira K

Jakarta (ANTARA) - Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan penentuan bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih cair sebab jadwal pendaftaran pasangan calon presiden (capres) dan cawapres Pemilu 2024 baru akan dimulai pada 19 Oktober 2023.

"Kalau cawapres masih cair lah, ya. Pendaftaran masih tanggal 19 (Oktober)," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis.

Untuk itu, dia menyebut bahwa pembahasan cawapres dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) masih terus dilakukan hingga saat ini.

"Para ketum (ketua umum) nanti akan rundingkan soal cawapres. Kita sabar saja nunggu," ucapnya.

Menurut dia, penentuan cawapres untuk mendampingi Prabowo tidaklah sulit kendati koalisi-nya itu dinilai gemuk, sebab partai-partai politik dalam KIM telah menyerahkan sepenuhnya penentuan cawapres kepada Prabowo.

"Cuma kan ini Pak Prabowo ingin juga musyawarah mufakat, sehingga kan nanti pasti diajak bicara ketum-ketum partai yang ada," ujarnya.

Meski demikian, Dasco menyebut bahwa penentuan cawapres KIM akan tetap melibatkan partai-partai politik lainnya yang tergabung dalam koalisi.

"Pertemuan ketum-ketum partai ini akan dilaksanakan. Nah, tentunya nama-nama itu akan digodok di situ. Ya, mungkin ada (nama) yang keluar di publik atau bahkan ada yang enggak. Nanti kita tunggu saja," kata Dasco.

Koalisi Indonesia Maju sebagai poros yang mengusung Prabowo saat ini terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora Indonesia, Partai Garuda, PRIMA, dan PSI.

Sebelumnya, Komisi II DPR bersama dengan Kemendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP menyetujui opsi perubahan jadwal pendaftaran pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 2024 menjadi tanggal 19-25 Oktober 2023.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gerindra: Penentuan bakal cawapres masih cair
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024